CERITA PENDIDIKAN

Mengapa Hawa di Ciptakan Sa'at Adam Tertidur?

Walies MH
Agustus 11, 2021
0 Komentar
Beranda
CERITA
PENDIDIKAN
Mengapa Hawa di Ciptakan Sa'at Adam Tertidur?

MENGAPA HAWA DI CIPTAKAN SA'AT ADAM TERTIDUR??



Bismillahirrahmannirrahim:
Alasan mengapa Siti Hawa di ciptakan saat Nabi Adam tertidur, dalam berbagai riwayat di ceritakan, bahwa ketika Nabi Adam di ciptakan di ciptakan oleh Allah dan di tempatkan di Surga, dia merasa kesepian karena tidak ada kawan. Surga yang begitu luas hanya dia sendiri yang menghuninya. Karenar itu Nabi Adam memohon kepada Allah agar di berikan seorg teman.

Ketika Nabi Adam sedang terlelap tidur, Allah mengambil 1 (satu) tulang rusuk Nabi Adam untuk menciptakan manusia lain sebagai teman bagi Nabi Adam. Hadir lah Siti Hawa di samping Nabi Adam. Ada pertanyaan yg muncul kemudian.
Mengapa Siti Hawa yang tercipta dari tulang rusuk Nabi Adam ini di ciptakan Allah saat Nabi Adam tertidur???

Seorang Laki-laki jika dia kesakitan, maka dia akan membenci. Sebaliknya wanita, saat dia kesakitan, maka semakin bertambah Sayang dan Cintanya,.  Seandainya Hawa di ciptakan dari Nabi Adam As saat terjaga, pastilah Nabi Adam akan merasakan sakit keluarnya Siti Hawa dari Sulbinya, hingga dia membenci Siti Hawa. Akan tetapi Hawa di ciptakan dari Siti Adam saat dia tertidur, agar Nabi Adam tidak membenci Siti Hawa.

Sementara seorang Wanita akan melahirkan dalam kedaan terjaga, melihat kematian dihadapannya, namun semakin Sayang dan Cintanya kepada Anak yang di lahirkan, bahkan ia Akan menebusnya dengan kehidupannya.

Sesungguhnya Allah menciptakan Siti Hawa dari tulang rusuk yg begkok yg tugsnya adalah melindungi Qalbu (jantung,hati,nurani).

Oleh karena itu, tugas Siti Hawa menjaga Qalbu. Kemudian Allah menjadikannya begkok untuk melindungi Qalbu dari sisi yg kedua. Sementara Nabi Adam di cipatakan dari Tanah. Wanita selalu berinteraksi dengan perasaan, dengan hati dan wanita akan menjadi seorg Ibu yg penuh kasih sayang, seorang saudari yang penyayang, seorang putri yang manja,Dan seorang Istri.

Dan wajib bagi Nabi Adam untuk tidak berusaha meluruskan tulang yang begkok tersebut,seperti yang di khabarkan oleh Nabi Muhammad SAW, "jika seorang lelaki meluruskan yg bengkok tersebut dengan serta merta,maka dia akan mematahknnya." maksudnya Adalah, dengan kebengkokan tersebut adalah perasaan yang Ada pada diri seorang wanita yang mengalahkan perasaan seorang laki laki.

Maka wahai Adam jgan merendahkan perasaan Hawa. Apabila seorang Wanita mengatakan dia sedang bersedih, itu berarti dia sedang menangis di dalam hatinya. Apabila dia tidak menghiraukan kamu setelah kamu menyakiti Hatinya, lebih baik beri dia Waktu untuk menenangkan hatinya sebelum kamu minta maaf. Dan wanita sulit untuk mencari sesuatu yang dia benci untuk orang yang dia Sayang.

Di riwayatkan: Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'Anhu
Bahwa Rasulullah bersabda " berwasiat lah (dalam kebaikan) pada Wanita, karena Wanita di ciptakan dari tulang rusuk,dan yang paling bengkok dari tulag rusuk adalah pangkalnya, jika kamu coba muluruskan tulang rusuk yang bengkok itu,maka dia Bisa Patah. Namun bila kamu biarkan dia Akan tetap bengkok. Untuk itu Nasihatilah Para Wanita".

Penulis blog

Tidak ada komentar