Beranda
BERITA
CERITA
DAERAH
INTERNASIONAL
Bolu Ikan atau Bhoi Eungkot Kue Tradisional Khas Aceh

Kue bhoi adalah kue bolu tradisional khas aceh yang mempunyai berbagai varian yang unik, variasinya bisa berbentuk ikan, bunga, bintang dan lainnya. Bila dibelah, terlihat isi didalamnya putih. Meski berbeda bentuk, rasa yang disajikan tetap sama yaitu gurih dan lezat. Bhoi ikan adalah makanan khas aceh besar, Bhoi ikan sering dijadikan buah tangan ketika akan berkunjung kesanak saudara atau tetangga yang sedang ada acara.

Bhoi ikan sendiri biasanya diperoleh dipasar pasar tradisional. Proses pembuatannya agak sedikit rumit, dikarenakan tidak semua bisa membuat bhoi ikan ini dan dibutuhkan kesabaran dan keuletan. Kelebihan dari bhoi ikan ini adalah bisa tahan lama.

Cara membuat kue bhoi pertama telur dikocok sampai mengembang hingga bau amisnya ilang. Kemudian tambahkan gula dan tepung hingga menjadi adonan utuh. Adonannya dipanggang dengan cetakan. Semakin sering cetakan digunakan, semakin bagus pula untuk memanggang karena adonannya tidak lengkat. Dibutuhkan kesabaran serta keuletan untuk membuat kuliner ini.

Penulis : Mawaddah Thamren

Penulis blog

Tidak ada komentar