BERITA CERITA DAERAH

Secangkir Kehangatan Minuman Bandrek Khas Aceh - Resep

Walies MH
Juli 26, 2021
0 Komentar
Beranda
BERITA
CERITA
DAERAH
Secangkir Kehangatan Minuman Bandrek Khas Aceh - Resep

Dalam bahasa Aceh, bandrek disebut Ie Seureubet. Bandrek adalah minuman hangat yang khas dengan rasa jahe dan rempah rempah alami dan baik untuk kesehatan tubuh. Selain enak, minuman ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang Sudah dipercaya sejak zaman dahulu. 

Jahe merah dalam bandrek memiliki khasiat yang baik untuk tubuh yaitu untuk menghangatkan tubuh, menghindari masuk angin, menyegarkan badan dan menghilangkan rasa capek.

Bahan-bahan membuat bandrek khas aceh yaitu, 20 helai daun pandan, 10 batang serai (digeprek), 5batang kayu manis, 2 ons jahe (digeprek), 3 butir kapulaga, 15 butir lada, 5 buah pekak (lawang kleng), 1/4 pala (digeprek), gula secukupnya, dan air secukupnya.

Cara membuatnya yaitu, gongseng gula hingga kecoklatan lalu tambahkan air dan semua bahan-bahan lainya, rebus selama 15 menit, setelah itu saring airnya dan sajikan selagi hangat.

Bandrek sering dinikmati pada saat cuaca dingin, hujan dan dimalam hari. di Aceh bandrek juga sering di sajikan pada saat acara hajatan, tahlilan, dan acara-acara lainya untuk menghangatkan badan. (Raudhatul Jannah)

Penulis blog

Tidak ada komentar