BERITA CERITA DAERAH

Pemandangan Indah Dari Balik Desa Batu Bedulang Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang

Walies MH
Desember 31, 2021
0 Komentar
Beranda
BERITA
CERITA
DAERAH
Pemandangan Indah Dari Balik Desa Batu Bedulang Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang

Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya. Pemandangan alamnya yang begitu asri dan hijau, membuat Indonesia memiliki banyak tempat wisata. Di Provinsi Aceh, tepatnya di Desa Batu Bedulang, Bandar Pusaka, Aceh Tamiang, memiliki pemandangan yang eksotis dan jarang terekspos.

Desa ini begitu pelosok dan tersembunyi di ujung wilayah Aeh Tamiang. Tetapi siapa sangka, desa ini memiliki pemandangan yang dapat memanjakan mata dan tidak kalah indahnya dengan pemandangan-pemandangan alam yang ada di penjuru Nusantara. Pemandangan alam yang ada di desa Batu Bedulang meliputi gunung-gunung hijau yang berkabut, air jernih yang mengalir dari pegunungan, pantai yang diapit oleh kedua pegunungan hijau dan pepohonan rimbun menambah keasrian alam di desa ini. Sangat jarang masyarakat luar datang ke desa ini. Bahkan tak jarang pula masyarakat Aceh Tamiang tidak  pernah mendengar nama desa Batu Bedulang. Sehingga pemandangan alam di desa ini masih begitu asri karena tak banyak yang menjamahnya. Hanya penduduk lokal saja yang sering menikmati pemandangan di sana, serta juga menggunakan hasil alam untuk kehidupan masyarakat desa Batu Bedulang untuk kehidupan sehari-hari.

Mayoritas mata pencaharian penduduk desa Batu Bedulang berasal dari alam mereka sendiri. Seperti bercocok tanam, mencari kayu untuk membangun rumah atau sekedar dijadikan sebagai kayu bakar, menangkap ikan untuk dijual atau untuk menu santapan mereka sehar-hari, serta menggunakan air untuk kebutuhan mandi, minum, mencuci dan sebagainya. Meskipun begitu, pemandangan alam di desa Batu Bedulang tetap hijau dan asri, karena pemimpinnya (datok/geuchik) menggalakkan untuk menjaga kelestarian alam, serta menjaga keseimbangan ekosistem alam agar tetap terlindungi, seperti, larangan penggunaan air yang tidak boleh berlebihan, larangan menebang pohon sembarangan, larangan mengambil kayu dari pohon untuk membangun rumah secara berlebihan, larangan menangkap ikan dengan alat setruman, larangan menanam pohon kelapa sawit di area pegununngan, karena dapat membuat kekeringan, sebab pohon kelapa sawit sangat banyak menyerap air, dan sebagainya.

Pemimpin desa Batu Bedulang merupakan seorang yang memilki kepribadian mencintai lingkungan. Meskipun ia telah menduduki jabatan sebagai Datok Desa Batu Bedulang, ia tetap bercocok tanam di ladang miliknya tepat dibawah pegunungan. Ia menanam sayuran dan buah-buahan di ladang miliknya. Dan hal itu juga membantu masyarakat sekitarnya karena membutuhkan tenaga kerja untuk membantu beliau bercocok tanam dan akan diupahi. Keberadaan beliau yang mencintai lingkungan dan juga menerapkan kedisplinan terhadap menjaga keseimbanga ekosistem alam, memberi energi positif kepada masyarakat sekitar. Hal itu memberi contoh yang baik dari pemimpin mereka ke masyarakat setempatnya.

Dengan adanya peraturan dan kedisiplinan dari datok untuk harus menjaga lingkungan sekitar, maka alam di Desa Batu Bedulang akan tetap terlindungi dan terlestarikan. Bahkan keseimbangan ekosistem alamnya pun akan berkembang dengan baik. Hal itulah yang membuat desa Batu Bedulang tetap indah dan asri sampai detik ini. Alam yang indah dan hijau akan memberikan banyak manfaat untuk manusia di sekitarnya. Karena alam yang hijau dan asri banyak menghasilkan oksigen yang segar untuk manusia, dan manusia akan bernafas dengan lega tanpa polusi-polusi udara. Maka sudah seharusnya setiap manusia harus memiliki kesadaran yang tinggi untuk memulai mencintai dan menjaga alam. Keseimbangan ekosistem alam harus tumbuh dengan baik, agar manusia dapat hidup layak dengan sumber daya alam  yang sudah ada.

Manfaat menjaga keseimbangan alam :

1. Agar dapat meningkatkan kebutuhan pasokan air bersih bagi masyarakat

2. Agar pemandangan lebih indah dan menarik jika dilihat

3. Mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor

4. Agar terhindar dari polusi udara

5. Untuk menjaga ketersediaan bahan pangan untuk manusia

 

            Dari upaya yang telah dilakukan Datok desa Batu Bedulang seperti menggalakkan masyarakatnya terkait menjaga keseimbangan alam, sangat membantu kelestarian alam itu sendiri. Buktinya, peraturan dari beliau dapat membuat alam di desa Batu Bedulang masih tetap hijau dan asri, bahkan sumber daya alamnya banyak menghasilkan manfaat sehingga penduduk desa Batu Bedulang masih bisa menikmatinya dengan layak tanpa kekurangan apapun. Saat ini desa Batu Bedulang sedang membuat pengerasan jalan untuk diaspal. Tadinya, jalan di desa batu bedulang sangat berdebu jika panas dan sangat becek jika hujan. Kini, kabar baik telah datang kepada masyarakat desa Batu Bedulang, maka tidak akan sulit lagi untuk jalan ke desa batu bedulang dan itu akan memudahkan siapa saja untuk berpergian ke daerah eksotis itu.

            Tidak hanya tentang alamnya, desa Batu Bedulang juga memiliki khas tersendiri sebagai bentuk seni pertunjukkan, yaitu, tari saman. Tari saman selalu ditampilkan ketika ada acara-acara pernikahan dan acara-acara pembukaan. Muda mudi di sana rata-rata pandai menarikan tarian saman, karena kebetulan di desa Batu Bedulang mayoritas sukunya ialah gayo, tentu saja tari saman telah mendarah daging. Dan masyarakat di sana selalu bangga ketika menampilkan ataupun sekedar sebagai penonton pertunjukkan tari saman. Dengan adanya pertunjukan tari saman yang selalu mereka tampilkan ketika ada acara, maka hal ini sudah menjadi tradisi masyarakat desa Batu Bedulang, dan akan berkelanjutan terus menerus pada generasi selanjutnya.

            Semoga saja, siapapun pemimpin desa Batu Bedulang kedepannya memiliki kepribadian yang mencintai lingkungan serta mampu menjaga keseimbangan alam dengan baik. Seperti yang dimiliki datok desa bedulang saat ini. Agar desa Batu Bedulang tetap memiliki alam yang hijau dan indah dan tidak akan pernah sirna. Contoh teladan yang diberikan datok desa bedulang yang sedang memimpin saat ini, semoga menjadi contoh untuk kita semua agar kita sebagai manusia dapat menicntai alam dan menjaga alam seperti alam menjaga kita dengan sejuta manfaatnya. Kelestarian alam kedepannya ada ditangan kita semua. Jika kita baik dan benar dalam memperlakukan alam, maka baik jugalah manfaat alam yang kita terima.

Dan semoga saja keasrian alam dan lingkungan hidup di desa Batu Bedulang, akan terus terlindungi dan terlestarikan. Sehingga pemandangan alamnya dapat terus terjaga serta dinikmati oleh penduduk lokal maupun penduduk luar desa Batu Bedulang. Dan agar desa ini menjadi terkenal dimasyarakat luas karena keindahan alamnya yang eksotis.


Penulis blog

Tidak ada komentar