BERITA DAERAH PENDIDIKAN

Budaya Jumat Berbagi Di Masjid Baburrahman Gampong Karang Anyar

Bintang Kecil
Januari 22, 2022
0 Komentar
Beranda
BERITA
DAERAH
PENDIDIKAN
Budaya Jumat Berbagi Di Masjid Baburrahman Gampong Karang Anyar


Ada tujuh hari di setiap pekan, dan Jum,at menjadi hari yang istimewa karena sebagai muslim laki-laki menjalankan kewajiban secara berjamaah yakni shalat Jum’at. Ada yang menarik di sebagian mesjid dan yang jelas terlihat di masjid Baburrahman gampong karang anyar yang Setiap Jum’at di mesjid ini disediakan makanan serta minuman untuk dibagikan bagi orang-orang sekitar yang dilaksankan oleh para Remaja Mesjid

Hari Jum'at merupakan hari yang penuh berkah dan paling mulia dibanding hari-hari lainnya. Bahkan hari Jum'at disebut juga sebagai Sayyidul Ayyam, pemimpin hari-hari lainnya. Pada hari itu Allah SWT membuka pintu ampunan-Nya, do'a-do'a dikabulkan dan amal shalih dijanjikan dengan pahala yang sangat besar. Karena itu, Nabi SAW mengajurkan kepada umatnya untuk memperbanyak ibadah, zikir, shalawat, amal shalih dan sedekah di hari Jum'at.

Salamah dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi SAW bersabda:

"Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum'at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo'a melainkan pasti Allah kabulkan." (HR. Muslim)

Karena itulah Nabi Muhammad SAW sangat memuliakan hari Jum'at. Sedekah di hari Jum'at juga memiliki keutamaan, yakni setara dengan keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Tentunya bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan yang penuh berkah, sehingga pastinya nilai kebaikan dan amalan yang terkandung di dalamnya akan sangat mulia.

Sebagaimana dalam hadits berikut ini: Ibnu Qayyim berkata, "Sedekah di hari Jum'at dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya."

Dengan sedekah tersebut Insya Allah selain dapat pahala kebaikan yang luar biasa, kita juga akan menikmati hasilnya berupa Masjid yang makin nyaman dan memadai dan akan kembali juga kepada jamaah yg berhak berupa santunan sembako, santunan yatim dhuafa, santunan biaya pendidikan dan bantuan modal usaha dan kegiatan sosial lainnya.

Keutamaan sedekah di hari Jumat yakni setiap hari Jumat para malaikat melaporkan segala amat perbuatan yang telah dikerjakan. Dengan bersedekah pada hari Jumat dapat menghapus maupun meringankan dosa yang telah diperbuat. Sedekah sebenarnya bisa ditujukan kepada siapa saja sepanjang tujuannya baik dan mengharap ridha-Nya. Namun ada beberapa golongan yang lebih diutamakan yakni:

1. Guru

2. Orang tua

3. Yatim atau Piatu

4. Keluarga

5. Orang miskin, dan

6. Orang dalam perjalanan.


 (Penulis: Anisyah Dwi Salmy, Mahasiswi IAIN Langsa, Jurusan Pendidikan Agama Islam)

Penulis blog

Tidak ada komentar