ARTIKEL BERITA DAERAH

Keberadaan UMKM Membangkitkan Desa Terpencil

Walies MH
Januari 31, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
Keberadaan UMKM Membangkitkan Desa Terpencil

Gampong Sukajadi Kebun Ireng Langsa lama kota Langsa, termasuk kategori Gampong terpencil yang berada dilangsa. tempo dulu Gampong Sukajadi kebun ireng masih belum terkenal, hanya lahan perkebunan yang bisa menjadi mata pencarian mereka.

Lambat laun ditahun 2018 mulainya puncak desa tersebut mulai bersinar dan semakin maju, dikarenakan sudah banyak usaha usaha yang saat ini mulai melonjak naik mulai dari usaha ternak bebek, ternak lele, galon minyak, galon air, usaha kilang kayu dan banyak usaha lain yang menjadi tambahan lowongan pekerjaan bagi warga.

Tidak hanya usaha yang mulai maju bahkan saat ini bangunan bangunan yang berada di Gampong Sukajadi kebun ireng semakin banyak seperti pembangunan mesjid, bangunan posko posko, pembangunan TPA di setiap dusun. Bahkan saat ini ada pembangunan pesantren, pembangunan rumah sakit yang semakin meningkat dan membuat Gampong menjadi dikenal dimana mana. Meskipun pesantren dan rumah sakit itu tidak dibangun oleh dana desa tetapi berkat adanya itu Desa semakin maju.

Geucik Gampong Sukajadi kebun ireng bapak Edi Putra berusaha semaksimal mungkin membangun Gampong agar bisa menjadi Gampong Tangguh dan menjadi contoh untuk Gampong lain. Pada tahun 2021 ketua DPRK bapak Zulkifli Latief meresmikan Gampong Sukajadi kebun ireng menjadi Gampong tangguh dan ia berpesan agar Gampong lain mencontoh Gampong Sukajadi kebun ireng.

Saat saya mewawancarai salah satu warga Gampong Sukajadi kebun ireng ia mengatakan ia sangat bangga dengan Gampong nya sekarang. Semakin maju, semakin banyak usaha usaha yang mengurangi kemiskinan. Bahkan saat berjumpa dengan orang dijalan saat ditanya tinggal dimana ia sanggat bangga mengatakan di Gampong Sukajadi kebun ireng. Saat dulu orang tidak tau Gampong Sukajadi kebun ireng itu dimana tetapi sekarang ini orang sudah banyak yang tau.

Penulis : Febi Ayu Andini (Mahasiswa FUAD/KPI IAIN Langsa)

Penulis blog

Tidak ada komentar