BERITA CERITA

NOSTALGIA MAKANAN JADUL YANG MASIH DIMINATI HINGGA SAAT INI

Bintang Kecil
Januari 18, 2022
0 Komentar
Beranda
BERITA
CERITA
NOSTALGIA MAKANAN JADUL YANG MASIH DIMINATI HINGGA SAAT INI


 

Siapa dari kalian yang rindu akan makanan dan permainan zaman dulu, beberapa tahun belakangan jajanan unik tempo dulu kian marak kembali di media sosial. Menemukan kembali barang-barang yang jarang ditemui menjadi momen nostalgia yang sangat menyenangkan untuk kembali diingat bukan?

Dengan adanya hal itu, tidak heran sekarang ini bermunculan bisnis jajanan unik yang mengkhususkan berjualan cemilan atau produk lain yang telah populer di tahun 1980 hingga 1990an. Aneka jajanan tersedia mulai dari permen karet Yosan, coklat koin, permen telur cicak, mie Gemez, permen payung hingga beragam permainan seperti gembot, pletokan, ketapel, kipas lampion hingga balon tiup.

Nah karena rasa nostalgia banyak orang yang mencari barang-barang tersebut ditambah lagi di era digital seperti sekarang. Hal inilah yang bisa jadi alasan kamu untuk memulai bisnis dengan minim kompetitor seperti ini.

Bahkan hal tersebut dijadikan peluang bisnis oleh bu marni, pemilik warong yang beralamat di Karang anyer, Langsa. Ada beberapa kategori produk yang ia jual, yakni nasi pagi, lontong, jajanan lawas.

Bu marni sendiri membanderol harga jajanan lawas mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 25.000 per bungkus, nasi pagi Rp 5.000-Rp 10.000 per bungkus, serta lontong Rp 5.000-Rp 15.000 per bungkus. Pembelian produk jadul ini bisa diakukan via ofline, dalam sehari pemilik warong Jajan bisa mendapat 50 pesanan dan omzet hingga puluhan juta rupiah.

Nah untuk kamu yang ingin memulai bisnis ini, jika dirasa sulit untuk menjual permainan lawas, untuk awal kamu bisa menjual jajanan anak SD tempo yang rasanya dimodifikasi mengikuti lidah zaman sekarang, berikut rekomendasinya:

1.     Kue cubit



Dua tahun belakangan popularitas kue cubit mulai meroket. Bukan saja menjadi jajanan anak sekolahan, tapi kue cubit sendiri menjadi menu unggulan di beberapa kafe di perkotaan. Cara pembuatannya pun cukup sederhana, sehingga para pedagang kue cubit bisa memodifikasi rasa, bentuk, ukuran dan warnanya. Alhasil, Kue Cubit zaman sekarang lebih terlihat menarik dan rasanya jauh lebih enak.

2.     Telur dadar mini

 



Rasanya menikmati telur dadar yang dituang kedalam wadah berbentuk lingkaran sudah sulit ditemukan. Padahal jajanan yang satu ini terkenal karena murah dan identik dengan masa-masa sekolah dasar. Apalagi kamu yang pernah mencoba memasak sendiri. Caranya membuatnya sangat mudah, bahkan lebih mudah dari menggoreng telur pada umumnya. Bisanya dijual dengan menggunakan telur burung puyuh tetapi kamu juga bisa mengganti dengan telur ayam biasa.

3.     Rambut nenek



Jajanan anak anak SD dari dulu hingga sekarang masih dominan dengan rasanya yang manis. Dari namanya juga sudah pada tahu, bagaimana bentuk dan warna rambut nenek-nenek. Sama persis dengan makanan yang satu ini, bentuknya tipis dan kusut, warnanya putih seperti uban nenek dan rasanya manis seperti gulali.

Sekarang Rambut Nenek mulai muncul kembali sebagai jajanan nostalgia dengan variasi rasa yang menarik dan bentuk serta warnanya semakin unik. Munculnya jajanan yang satu ini, bisa juga dijadikan peluang usaha sampingan yang bisa kamu coba.

4.     Telur gulung



    Kalau makanan yang satu ini yakin deh, sampai sekarang masih banyak ditemui terutama dekat dengan stasiun atau universitas. Peralatan dan pembuatannya cukup mudah seperti telur, wajan, minyak, tusukan telur, saus hingga tambahan bihun. Yang berbeda dari jajanan yang satu ini, yaitu bentuknya sekarang lebih besar dari Telur Gulung zaman dulu dan harganya pun mengalami perubahan, mulai Rp1.000 hingga Rp2.000,00 per satuannya. (penulis: Aftika Nurazzahra)

Penulis blog

Tidak ada komentar