BERITA DAERAH PENDIDIKAN

Strategi Menjadi Wirausaha Muda Melalui Penanaman Hidroponik Di Aceh Tamiang

Bintang Kecil
Januari 22, 2022
0 Komentar
Beranda
BERITA
DAERAH
PENDIDIKAN
Strategi Menjadi Wirausaha Muda Melalui Penanaman Hidroponik Di Aceh Tamiang




Tanaman hidroponik merupakan tanaman yang media tanamnya tidak berupa tanah. Teknik menanam hidroponik ini umumnya menggunakan media tanam berupa air. Terdapat berbagai jenis tanaman yang bisa tumbuh subur dengan menggunakan teknik menanam hidroponik, ada juga yang tidak. Tetapi, dapat dikatakan bahwa penanaman secara hidroponik ini bisa menghasilkan tanaman yang sehat. Karena, tanaman hidroponik tidak membutuhkan herbisida ataupun pestisida yang beracun.


Bang Obi adalah seorang pemuda asal Aceh Taming dan selaku pemilik usaha tanaman hidroponik yang diberi nama Aceh Hidroponik. Alasan yang membuat beliau terinspirasi untuk membuka dan menjalankan usaha Hidroponik adalah, karena beliau ingin membuka selebar lebarnya lapangan pekerjaan, seperti yang kita lihat saat ini sangat sulit untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan. Tujuan beliau ingin mempermudah orang-orang disekitarnya mencari nafkah dengan membantu usaha beliau di tanaman Hidroponik.


Aceh hidroponik terbentuk pada tahun 2018, dan lebih kurang sudah berjalan selama 3 tahun sejak Aceh hidroponik ini berdiri. Ketika membangun Aceh hidroponik tidak ada hal-hal yang merasa bang Obi di rugikan, karen beliau terlalu mendalami dan bahagia ketika mengembangkan usaha Aceh Hidroponik ini sendiri.



Untuk yang ingin berkunjung ke Aceh Hidroponik, atau customer nya itu sendiri gaada batasan ya teman-teman, kabarnya juga gak di pungut biaya. Kita cukup membeli sayiuran hidroponik aja. Banyak study tour, KPM dan KKN sudah ribuan siswa/i dan mahasiswa ke Aceh hidroponik untuk melakukan penelitian dan belajar.  Tak hanya itu, banyak pejabat-pejabat penting yang hadir ke Aceh hidroponik, para ulama besar untuk melihat langsung bagaimana aceh hidroponik di green house beliau yang sangat luas dan besar.


Nah, teman-teman beliau ternyata belajar membangun Hidroponik bukan seperti les private, bukan datang ke hidroponik orang lain. Tapi hanya dengan menonton aplikasi YouTube, beliau pelajari bagaimana step by stepnya. Dan Alhamdulillah sekarang sudah maju, dan memiliki 2 green house yaitu toko penghasil mie hijau dari olahan sayuran hidroponik. Jadi dengan adanya sayuran hidroponik juga bisa menghasilakn mie hijau yang sehat dan berjuta manfaat.


Sudah banyak sekali customer yang hadir dan membeli sayuran, sampai ratusan orang bahkan selalu bertambah setiap harinya. Sayuran hidroponik banyak ya teman-teman diantarnya: sawi pagoda, kalian, selada merah, pakchoy, caisim, kale, kangkung, bayam, tomat, dll


Sayuran hidroponik dijual per bungkus ya teman-teman, satu bungkusnya hanya berkisaran Rp. 5000 rupiah kita udah bisa dapetin sayuran yang sehat untuk di konsumsi dan terbebas dari pestisida. Sehari biasanya sayuran hidroponik terjual puluhan bungkus teman-teman dan bang Obi sudah punya langganannya sendiri.


Nah, bang Obi ini tidak hanya menjual sayuran teman teman, tapi juga menerima tempahan alat untuk kita bisa berhidroponik. Jadi buat teman teman yang mau belajar bareng, mau tempah dan beli alat nya, dan mau pasang dan menanam sayuran hidroponik dirumah bisa banget ya. 


Menurut pendapat bang Obi sendiri cara agar usaha kita lancar dan berkah yaitu selalu rajin belajar. Kenapa harus rajin belajar, karena ketika kita semangat dan haus akan ilmu, dijamin kita terus penasaran dan banyak ilmu yang kita dapatkan teman-teman. Karena orang yang rajin itu sangat penting, tanpa di minta sudah dilakukan, ulet dan mampu menjalankan semuanya. 


Maksudnya adalah, kita gak pernah puas dengan apa yang sudah kita ketahui, dengan apa yang sudah kita dapatkan, jadi kita terus mencari, terus kepo dengan sesuatu yang belum kita kenali dan kita ketahui sebelumnya teman-teman dan tetap slalu belajar. (penulis: Elsa Nabila (1012018084) Mahasiswi IAIN Langsa, Jurusan Pendidikan Agama Islam, semater 7 )

Penulis blog

Tidak ada komentar