CERITA DAERAH PENDIDIKAN

Strategi Menjadi Wirausaha Muda Melalui Penanaman Hidroponik Di Aceh Tamiang Dengan Menerapkan Muamalah Sesuai Syariat

Bintang Kecil
Januari 22, 2022
0 Komentar
Beranda
CERITA
DAERAH
PENDIDIKAN
Strategi Menjadi Wirausaha Muda Melalui Penanaman Hidroponik Di Aceh Tamiang Dengan Menerapkan Muamalah Sesuai Syariat

 


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Saya Elsa Nabila Mahasiswi PAI semester 7 Unit 4, jadi saya ingin menceritakan usaha anak muda yang sedang maju-majunya sekarang, yang usaha tersebut bisa membuah kan hal yang bermanfaat untuk customer dan pengunjung nya. Pemuda sekarang banyak yang menekunkan usaha-usaha seperti warung kopi baik indoor maupun outdoor, berdagang kaki lima, dan lain sebagainya. Tapi saat ini saya ingin menceritakan usaha pemuda Aceh tamiang yang langka dan belum banyak di jalankan oleh para pemuda atau masyarakat Aceh Tamiang.

Tak lain dan tak bukan, yaitu usaha Hidroponik dengan nama khas nya Aceh Hidroponik, keren banget kan. Pemilik usaha hidroponik ini pemuda yang berusia 25 tahun, tapi semangatnya luar biasa. Pemuda tersebut bernama Muhammad Al-Faraby lulusan Univesitas Sumatera Utara, dengan jurusan kesehatan masyarakat. beliau biasa dikenal dengan sebutan bang Obi dan beliau masih single teman-teman, dan beliau anak pertama dari tiga bersaudara. Wah abang yang patut di jadikan contoh untuk adik-adiknya ya.


Alasan yang membuat beliau terinspirasi untuk membuka dan menjalankan usaha Hidroponik adalah, karena beliau ingin membuka selebar lebarnya lapangan pekerjaan, seperti yang kita lihat saat ini sangat sulit untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan. Tujuan beliau ingin mempermudah orang-orang disekitarnya mencari nafkah dengan membantu usaha beliau di Hidroponik. Masya Allah memiliki pola fikir yang sangat baik, tetap memikirkan bagaimana orang-orang di sekitarnya.

Aceh hidroponik terbentuk pada tahun 2018, jadi sudah berjalan 3 tahun Aceh hidroponik berdiri. Luar biasa sekali ya, dan Alhamdulillah tidak ada rintangan-rintangan yang besar ketika menjalankan hidroponik ini sendiri.

Ketika membangun Aceh hidroponik tidak ada hal-hal yang merasa di rugikan kata beliau, di karenakan beliau terlalu mendalami dan bahagia ketika mengembangkan Aceh Hidroponik ini sendiri, pemuda yang optimis banget. Jadi teman-teman ketika kita punya bakat dan keinginan jangan di tutup-tutupi ya, harus dikembangkan. Jadi semuanya  butuh usaha, butuh di coba dan di lakukan. Karena kalau kita tidak mencoba,,bagaimana kita bisa tahu hasilnya. Semangat selalu tanpa mundur apalagi kabur dari tanggung jawab.

Jadi, untuk yang berkunjung ke Aceh Hidroponik, atau customer nya itu sendiri gaada batasan ya teman-teman, kabarnya juga gak di pungut biaya. Kita cukup membeli sayiuran hidroponik aja. Seperti study tour, KPM dan KKN sudah ribuan siswa/i Dan mahasiswa ke Aceh hidroponik untuk melakukan penelitian dan belajar. Tak hanya itu, banyak pejabat-pejabat penting yang hadir ke Aceh hidroponik, para ulama besar untuk melihat langsung bagaimana aceh hidroponik di green house beliau yang sangat luas dan besar. Luar biasa, berkah banget ya.

Nah, jadi teman-teman beliau  ternyata belajar membangun Hidroponik bukan seperti les private, bukan datang ke hidroponik orang lain. Tapi hanya dengan menonton aplikasi YouTube. Keren sekali kan, beliau pelajari bagaimana step by step nya. Dan Alhamdulillah sekarang sudah maju, dan sudah memiliki 2 green house dan satu toko penghasil mie hijau dari olahan sayuran hidroponik. Jadi dengan adanya sayuran hidroponik juga bisa menghasilakn mie hijau yang sehat dan berjuta manfaat.

Sudah banyak sekali customer yang hadir dan membeli sayuran, sampai ratusan orang bahkan selalu bertambah setiap harinya. Sayuran hidroponik banyak ya teman-teman diantarnya: sawi pagoda, kalian, selada merah, pakchoy, caisim, kale, kangkung, bayam, tomat, dll. banyak sekali ya pilihan sayur-sayuran nya, jadi kalau teman-teman pengen datang dan order sayur nya langsung datang aja ke green house beliau atau bisa pake jasa kurir andalan teman-teman ya.

Cara menjaga sayuran hidroponik yaitu dengan kita jaga dan kita rawat dengan sepenuh hati teman-teman. Jangan di awali dengan mood yang gak mendukung, nah itu bisa berdampak dengan tanaman kita. Yang penting ikhlas teman-teman, ibaratnya seperti kita buat cake, lagi masak. Mood nya harus santai dan mendukung ya teman-teman.

Ada satu hambatan ketika menjalankan Hidroponik, yaitu ketika di serang hama ya teman-teman. Menurut saya pribadi ketika kita menjalankan suatu usaha pasti ada rintangan-rintangan yang hadir, baik itu rintangan kecil mapun rintangan besar. Kembali lagi ke diri kita masing-masing bagaimana cara menghadapinya. Nah jadi ketika hadirnya hambatan atau rintangan kita harus hadapi dengan kepala dingin, dilarang down, kita harus mengusahakan bagaimana caranya agar kita terus semangat.

Cara beliau meyakinkan customer adalah dengan meng upload green house, sayuran hidroponik, dan customer serta anak-anak yang study tour ke Aceh hidroponik, dan Mahasiswa yang KPM atau KKN untuk melakukan penelitian, dll. Jadi banyak Video-video yang di upload tujuannya untuk meyakinkan views agar tertarik dengan Aceh hidroponik dan ingin bergegas hadir kesana. Jadi banyak testimoni-testimoni dari semua customer dan pengunjung yang hadir teman-teman. Kalau kata bang Obi, bukti yang berbicara.

Sayuran hidroponik dijual per bungkus ya teman-teman, satu bungkusnya hanya Rp. 5000, kita udah dapetin sayuran yang sehat untuk di konsumsi, bebas pestisida. Gini teman-teman masyarakat sekarang, apalagi yang penghasilannya banyak lebih mementingkan harga yang murah di banding yang mahal tapi berkualitas. Faktor utamanya, karena sayang mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak padahal untuk diri sendiri, mari kita hidup sehat dan mengkonsumsi sayuran hidroponik yang pengelolaan nya terjamin teman-teman.

Sehari biasanya sayuran hidroponik terjual puluhan bungkus teman-teman dan bang Obi sudah punya langganannya sendiri. Di usia yang masih sangat muda dan berjenis kelamin laki-laki sangat jarang memiliki semangat yang besar dalam berusaha, apalagi usaha hidroponik yang saya sendiri ketika melihatnya lumayan ribet dan rumit.

Tapi dengan semangat yang nggak pernah padam, bang obi terus menggeluti usahanya tersebut hingga besar saat ini, dan dikenal sebagai pengusaha muda yang kaya, wow luar biasa sekali. Kegigihan bang obi wajib kita contoh ni teman-teman. Apalagi seperti kita kaum milenial yang menghabiskan waktu untuk hal-hal yang unfaedah, hanya membuang-buang waktu, tenaga, uang dan pikiran tanpa hasil apapun yang bisa menguntungkan diri kita.

Penghasilan bang Obi perharinya ratusan ribu teman-teman, udah kalah gaji pegawai negeri ya. Emang pekerjaan yang paling berkah adalah pedagang, seperti Sunnah nabi kita, nabi Muhammad Saw. Jadi buat teman-teman yang memiliki bakat berdagang, potensi, skil mari sama-sama kita kembangkan. Kita harus menjadi pemuda yang aktif, kreatif dan inovatif kita adalah generasi penerus bangsa, kita harus bisa membuktikan bahwasannya pemuda milenial berbakat dalam segala bidang, kita munculkan kegiatan-kegiatan positif.

Yuk bangun, apalagi yang suka menghayal tapi gak ada ikhtiar, mari kita semangat, semangat tiada henti. Kita bisa jadikan contoh bagaimana usaha bang Obi dalam mengembangkan aceh hidroponik dengan memanfaatkan aplikasi youtube.  Luar biasa, sangat kagum dengan beliau.

Nah jadi bang Obi ini tidak hanya menjual sayuran teman teman, tapi juga menerima tempahan alat untuk kita bisa berhidroponik. Keren banget kan, jadi buat teman teman yang mau belajar bareng, mau tempah dan beli alat nya, dan mau pasang dan menanam sayuran hidroponik dirumah bisa banget ya. Udah praktis, sehat untuk keluarga kita ketika mengkonsumsi nya. Yuk kita beralih ke sayuran yang enak, nikmat, sehat dan aman untuk di konsumsi teman-teman. Harga nambah dikit, manfaat nambah banyak, keren banget nih.

Tidak hanya itu, ketika kita memasang tanaman hidroponik dirumah atau di lahan kita, tanpa kita sadari kita juga bisa menghasilkan uang dengam menjual tanaman atau sayuran hidroponik yang kita produksi. Keuntungan untuk kita sangat banyak ketika kita berhidroponik. Founder hidroponik ini sendiri yaitu Bang Obi akan mengajarkan sampai bisa mulai dari menanam, merawat, hingga sampai memanen. Cocok banget untuk mahasiswa seperti kita yang ingin sukses ketika usia masih muda.

Menurut pendapat bang Obi sendiri cara agar usaha kita lancar dan berkah yaitu selalu rajin belajar. Kenapa harus rajin belajar, karena ketika kita semangat dan haus akan ilmu, dijamin kita terus penasaran dan banyak ilmu yang kita dapatkan teman-teman. Karena orang yang rajin itu sangat penting, tanpa di minta sudah dilakukan, ulet dan mampu menjalankan semuanya.  Haus akan rasa ingin tahu hal-hal baru.

Maksudnya adalah, kita gak pernah puas dengan apa yang sudah kita ketahui, dengan apa yang sudah kita dapatkan, jadi kita terus mencari, terus kepo dengan sesuatu yang belum kita kenali dan kita ketahui sebelumnya teman-teman. pastinya selalu jujur dimana pun dan kapan pun.

Nah kalo kejujuran adalah point yang sangat penting untuk kehidupan kita, orang yang jujur hidupnya akan lancar, dipercayai banyak orang, di senangi banyak orang dan sangat di hargai teman-teman. Beda dengan  orang yang suka berbohong, sekali ketahuan berbohong maka selamanya tidak akan di percayai oleh orang lain, sulit orang percaya sekalipun dia sudah berubah dan berusaha tidak berdusta.

Dan teman-teman, ketika kita berdagang lalu kita bersikap jujur dengan customer kita mulai dari menjelaskan detail barang yang kita jual, manfaatnya, kualitas kesegaran nya misalnya seperti sayuran hidroponik ini sendiri, Insya Allah seluruh customer akan berlangganan beli di kita, karena semua ucapan kita bermaknakan kejujuran.

Nah teman-teman, saran dari saya pribadi mau usaha kita laris manis, mau usaha kita kurang customer yang membeli, mari kita tumbuh kan kejujuran dalam hidup kita. Jangan sampai dengan ucapan kita yang dusta akan merugikan diri kita, maupun orang lain. Berapa banyak saat ini kita melihat pedagang yang selalu berdusta ketika berdagang. Buah yang asam di katakan manis, sayur yang layu di katakana segar, udang yang sudah lama di katakan masih baru, barang yang sudah kadeluwarsa masih di jual.

Bukankah itu mendzolimi orang lain, sama saja menyakiti dan merugikan customer atas kedustaan kita karena berharap dagangan habis. Sama saja kehidupan ga akan berkah karena menjadi darah daging atau menimbulkan penyakit bagi yang mengkonsumsinya jika itu berbentuk makanan. Naudzubillah, sanggup kah kita mempertanggung jawabkan kelakuan kita teman-teman. Maka berhati-hatilah.

Dan pesan saya pribadi, jangan pelit untuk bersedekah, karena percayalah Allah akan membalas dengan rezeki yang lebih banyak dan berkah. Orang yang sudah wafat minta kepada Allah agar di hidupkan kembali karena ingin bersedekah dan membantu orang lain teman-teman. InsyaAllah berkah.

(Penulis: Elsa Nabila (1012018084), Mahasiswi IAIN Langsa, Jurusan Pendidikan Agama Islam)

Penulis blog

Tidak ada komentar