ARTIKEL BERITA DAERAH PENDIDIKAN

4 Pemikiran Utama Yang Membangun Kreativitas Mahasiswa Milenial

Walies MH
Februari 11, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
PENDIDIKAN
4 Pemikiran Utama Yang Membangun Kreativitas Mahasiswa Milenial

Ditulis oleh Muhammad Khaidir (Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Langsa)

Apa sih yang dimaksud dengan generasi milenial? 
Generasi millenial adalah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi yang lahir pada tahun 1981 hingga 1994/1996. Generasi millenial juga seringkali disebut dengan generasi Y. Saat ini rata-rata usia generasi millenial adalah 25 hingga 40 tahun. Generasi Milenial sangat mahir dalam teknologi, karena di zaman modern seperti ini teknologi semakin canggih dan tentu saja memiliki beberapa kebiasaan dan karakter tersendiri dari generasi sebelumnya. 

Apa itu kreativitas? 
Kreativitas merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pemikiran sivitas akademik kampus terutama bagi mahasiswa, dimana kreativitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Proses untuk menghasilkan hal baru tersebut dapat berasal dari proses imajinatif dari penciptanya sendiri. 

Mahasiswa kreatif adalah mahasiswa yang dicirikan dengan pribadi yang kreatif, berfikir kreatif atau literal dan menghasilkan karya-karya yang kreatif. Mahasiswa kreatif biasanya menyukai hal-hal yang menantang seperti menciptakan sesuatu suatu hal yang baru walalaupun mahasiswa tersebut tidak terlalu mahir dalam menciptakan sesuatu tetapi mereka berusaha mempelajari bagaimana cara menciptakannya. 

Sebagai mahasiswa kita sangat dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Kreatif dalam menemukan ide baru dan inovatif dalam mencari cara-cara baru untuk mensiasati permasalahan yang ada. Menurut para ahli, seseorang yang kreatif bukanlah selalu menemukan hal baru, namun ia selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru, dan biasanya tidak dilihat oleh orang lain. Orang yang kreatif, pada umumnya mengetahui permasalahan dengan sangat baik dan disiplin, biasanya dapat melakukan sesuatu yang berbeda dari cara-cara yang biasa. Proses kreativitas melibatkan adanya ide-ide baru, bermanfaat, meskipun kadang tidak dapat diimplementasikan.

kreativitas di bagi menjadi berbagai macam, yaitu:
Menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada, Menyampaikan ide kreatif, agar kreatifitas tersebut dapat diketahui oleh orang lain, Menciptakan sebuah kreasi yang jika digunakan orang lain, manfaatnya dapat dirasakan serta membuatnya menjadi kreatif,Mewujudkan kreativitas yang sebelumnya menjadi bermanfaat bagi seluruh masyarakat, Inovasi baru yang berarti menciptakan kreativitas-kreativitas atau hal-hal yang baru.

cara berpikir kreatif yang bisa kita jalani:
Memiliki Perspektif yang Berbeda
Ingatlah bahwa untuk mencari solusi yang inovatif, kita harus sanggup melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Tanpa perspektif lain, pemikiran kita hanya akan berkutat hanya di satu tempat saja. Jadi, sangat penting untuk kamu mengembangkan pikiran dengan diskusi dan pemahaman atas perspektif lain yang berbeda dari perspektif pada umumnya.

Rajin Membaca
Kreativitas tidak datang dari pemikiran yang itu-itu saja atau rutinitas sehari-hari yang menjemukan. Terkadang, kebiasaan membaca justru memberikan pengetahuan yang lebih luas.

Mengerjakan Hal Baru
Sama seperti poin sebelumnya, rutinitas sehari-hari juga seringkali menjadi masalah bagi kreativitas kita. Cobalah mengerjakan hobi atau hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, siapa tau kita akan mendapatkan inspirasi baru yang bisa menghasilkan pemikiran kreatif dan pastinya membuat kamu menciptakan sesuatu yang baru. 

Terus Berinovasi
Baik dalam pekerjaan maupun dalam kegiatan kamu sehari-hari, cobalah untuk selalu mencoba menghasilkan inovasi baru. Jika kamu seorang mahasiswa, cobalah untuk terus menggali potensi kamu dalam banyak hal.

Sekarang pun sudah ada yang namanya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. 

Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Kreatif dalam menemukan ide baru dan inovatif dalam mencari cara-cara baru untuk mensiasati permasalahan yang ada. Menurut para ahli, seseorang yang kreatif bukanlah selalu menemukan hal baru, namun ia selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru, dan biasanya tidak dilihat oleh orang lain. Orang yang kreatif, pada umumnya mengetahui permasalahan dengan sangat baik dan disiplin, biasanya dapat melakukan sesuatu yang berbeda dari cara-cara yang biasa. Proses kreativitas melibatkan adanya ide-ide baru, bermanfaat, meskipun kadang tidak dapat diimplementasikan.

Penulis blog

Tidak ada komentar