ARTIKEL BERITA DAERAH

Budidaya Mentimun Di Samping Rumah Sebagai Usaha Rumahan Penghasil Cuan

Walies MH
Februari 05, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
Budidaya Mentimun Di Samping Rumah Sebagai Usaha Rumahan Penghasil Cuan


Mentimun adalah salah satu jenis sayuran hijau yang sangat di gemari dan mempunyai rasa yang segar ,dan banyak di olah untuk berbagai minuman maupun sebagai lalapan.

Salah satu masyarakat di gampong lengkong,langsa baro tealah mengembangkan tanaman mentimun sebagai sumber penghasilan rumahan yang sangat bagus bagi ibu ibu rumahan sebagai penghasil cuan.

Ibu saniati ini menanam mentimun di samping rumah karena semoitnya lahan pertanian yang ada di gampong tersebut jadi ibu ini menanam mentimun di samping rumah sebagai pemanfaatan lahan kosong di samping rumah.

Karena mentimun adalah satu sayuran yang cepat panen jadi sangat mudah dalam menjadikan tanaman ini sebagai penghasil rumahan. Umur mentimun dari awal tanam hanya 35 hari dan sudah bisa di tanam  atau 40 hari tergantung varietas dan kondisi tanaman.

Ibu ini tidak menggunakan media tanam di polibag ataupun pot,melainkan langsung di tanah yang sudah di cangkul dan buat bedengan tanah. akhir-akhir ini jumlah pnduduk yang semakin terus bertambah, dan di ikuti dengan kebutuhan manusia yang terus bertambah  dan menanam mentimun adalah salah satu sebagai sumber pangan.

Memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong samping rumah menjadi popular sejak tahun lalu,karena tidak pergi kekebun untu menanam sayuran atau buah buahan cukup di pekarangan rumah. Berbeda dengan lahan pertanian secara umum, pekarangan rumah memiliki area yang lebih sempit dan bersentuhan langsung dengan penghuni rumah,Serta memiliki peran yang sangat kompleks.

Ada beberapa syarat yang harus kita sediakan dalam berbudaya mentimun atau pun sayuran lainya ialah harus memiliki nilai estetikaatau keindahan halaman selain tanaman itu dapan di jadikan sebagai bahan pangan juga dapat mempercantik halaman.

Pemasaran  yang di lakukan menurut ibu saniati ialah dengan menjual langsung ke kedai yang menjual sayur-sayuran. Dan di jual ke warga sekitar yang datang langsung untuk membeli dan pengepul yang datang.

Oleh karena itu memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong samping rumah sebagai pengahsil cuan juga sangan bagus karena jarak panen dari tanam bibit waktunya sangat singkat dan perawatan nya juga sangan mudah.

 

Nama penulis :

Nama   : Rustam Erwin Syah Putra

             : Muhammad Razi

Prodi               : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

 


Penulis blog

Tidak ada komentar