ARTIKEL DAERAH

Pentingnya Air Bersih Sebagai Sumber Kehidupan Di Masyarakat

Bintang Kecil
Februari 06, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
DAERAH
Pentingnya Air Bersih Sebagai Sumber Kehidupan Di Masyarakat


 

Air adalah salah satu elemen utama di  bumi yang menjadi bagian tidak terpisahkan bagi seluruh kehidupan manusia dan semua makhluk hidup, sehingga air sangat di butuhkan untuk menjaga kelangsungan makhluk hidup.

Air dalam tubuh manusia sangat berfungsi untuk mengisi cairan dalam tubuh dengan cara meminum air. Selain untuk menghilangkan rasa dahaga juga bermanfaat bagi manusia, air juga memiliki manfaat lain yang sangat di butuhkan untuk menunjang kehidupan.

Salah satu bentuk hidup bersih dan sehat atau PHBS adalah dengan menggunakan air bersih sehari-hari. karena air dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Air yang kita gunakan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi dan lainnya harus dalam keadaan bersih sehingga dapat terhindar dari penyakit yang di sebabkan karena kualitas air yang tidak baik.

Dengan menggunakan air bersih kita dapat terhindar dari penyakit seperti diare, kolera, disentri, tipes, cacingan, pnyakit kulit hingga keracunan. Untuk itu wajib bagi seluruh anggota keluarga untuk menggunakan air bersih setiap hari dan menjaga kualitas air tetap bersih di lingkungannya.

Berikut adalah beberapa manfaat air bagi tubuh:

·       Membuat tubuh lebih sehat

  Apabila asupan air mencukupi, maka tubuh tidak akan mengalami dehidrasi, yang menyebabkan plasma darah mengandung protein menurun.

·       Melancarkan metabolisme tubuh

·       Menambah kecantikan alami.

Dan kita harus sadar dalam menjaga lingkungan serta menjaga sumber air dari semua bentuk pencemaran dan menggunakan air semana mestinya  sesuai dengan kebutuhan agar air selalu terjaga dan steril kita juga tidak boleh membuang sampah, membuang limbah ke sungai dan lain-lain agar okosistem air tetap terjaga.

 

Penulis: Putri Sanitul Husna, (Mahasiswi KPM Termin II IAIN Langsa Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan)


Penulis blog

Tidak ada komentar