Beranda
ARTIKEL
CERITA
DAERAH
Usaha Tahu Rumahan Di Desa Lengkong


 

Tahu merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Di negara indonesia tahu sangat populer dan sangat digemari oleh setiap masyarakat. Tahu sering sekali dikonsumsi oleh masyarakat indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Makanan yang merakyat ini bisa dijadikan beragam aneka jenis makanan dan cemilan, jadi indsustri tahu hingga saat ini masih terbuka lebar dan bisa dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan karena tahu sangat sering di konsumsi oleh masyarakat.

Tahu mengandung banyak perotein  yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh, jadi masyarakat banyak yang mengkonsumsi tahu. Jika mengkonsumsi tahu dipercaya dapat mengurangi penyakit kangker, dan dapat menjagga kesehatan kulit serta menyehatkan darah. Tahu biasanya di konsumsi di kalang masyarakat atas hingga bawah.

Sejarah Tahu berasal dari Tiongkok. Tahu telah dikenal di tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Tahu merupakan makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi".

Proses pembuatan tahu juga sangat tidak mudah pertama harus merendam biji untuk melunakan sehingga akan mengurangi energi yang diperlukan selama proses penggilingan. Perendaman biasanya dilakukan selama 4-5 jam untuk kacang kedelai.  Lalu ketahap penggilinga biji kedelai sampai menjadi tekstur seperti bubur.

Pemasakan biji kedelai yang sudah digiling berjalan selama kurang lebih selama 2 jam. Setelah itu lanjut ke penyaringan menggunakan kain tipis untuk mengambil sari kedelainya. Setelah semua peoses selai tahu di diamkan sampai kering. Setelah itu baru proses pengemasan tahu yang sudah jadi. Setelah semua selesai tahu siap di pasarkan ke pasar atau ke kedai-kedai terdekat.

 

Penulis: Putri Sanitul Husna, (Mahasiswi KPM Termin II IAIN Langsa Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan)

Penulis blog

Tidak ada komentar