ARTIKEL CERITA DAERAH

Masyarakat Desa Geudubang Aceh Mendulang Pahala Dengan Menanam Dan Merawat Tanaman

Bintang Kecil
Juli 22, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
CERITA
DAERAH
Masyarakat Desa Geudubang Aceh Mendulang Pahala Dengan Menanam Dan Merawat Tanaman



Melestarikan lingkungan dengan menanam dan merawat tanaman tidak hanya untuk keindahan, namun Islam menganjurkan untuk menanam dan merawat tanaman agar bermanfaat untuk alam sekitar dan juga makhluk hidup yang berada sekitarnya

Agama dan lingkungan tidak bisa dipahami secara terpisah karena terdapat hubungan yang erat khususnya pada kontribusi agama dalam mempengaruhi perilaku manusia terhadap persepsi dan tingkah lakunya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di sekitarnya. Tidaklah sia-sia dan membuang waktu jika seorang muslim mengeluarkan sebagian hartanya untuk menanam dan merawat tanaman dan pepohonan, dalam Islam sangat dianjurkan untuk gemar menanam tanaman dan merawatnya.

Desa Geudubang Aceh adalah salah satu desa yang cukup perhatian dengan lingkungan sekitarnya. Desa ini berada dikota Langsa, Aceh. Masyarakatnya suka menanam dan merawat tanaman yang berada di sekitarnya. Diantaranya ada berbagai macam bunga, sayuran, buah-buahan, dan pepohonan yang bertujuan sebagai hiasan dan untuk dikonsumsi secara pribadi. Masyarakat disini sangat dermawan, ketika musim panen tiba tak jarang mereka membagikan hasil panen dengan tetangga sekitar bahkan yang jauh dari mereka.

Seorang warga yang bernama Bu Marlina menuturkan bahwa beliau sangat senang menanam tanaman di sekitaran rumahnya agar rumah terasa lebih indah, asri, dan udara disekitaran rumah pun terasa sejuk. Dari hasil tanaman juga dapat menghasilkan manfaat seperti merasakan buah dan sayuran yang di tanami sendiri dan juga bisa berbagi bibit tanaman kepada warga-warga disekitar. Beliau juga mengatakan bahwa tidak hanya beliau saja yang membagikan hasil dari apa yang telah ditanaminya, namun tetangga disekitar juga melakukan hal yang sama.

Prilaku seperti inilah  yang sangat dicintai oleh Allah SWT, saling memberi manfaat kepada masyarakat yang berada di sekitar lingkungan kita. Bahkan orang yang sudah tiadapun masih mendapatkan manfaat dengan apa yang telah ia tanami jika tanaman yang pernah ia tanami masih memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. 


Kita pernah mendengar bahwa apa yang dikatakan banyak orang dengan istilah reboisasi, go green, dan semisalnya, ternyata Islam sudah menganjurkannya  sejak 1400 tahun lebih lalu, diantara manfaatnya adalah sedekah jariyah yang terus mengalir pahalanya.

Manfaat lainnya yang bisa kita rasakan yaitu udara yang kita hirup semakin sejuk, bersih serta berdampak baik bagi tubuh kita, menyenangkan mata ketika dilihat dan juga menenangkan hati.

Oleh karena itu sangatlah penting bagi kita untuk menanam dan merawat tanaman, dan pepohonan. Mencari ridho-Nya dengan melakukan hal-hal yang disukai-Nya termasuk suatu perbuatan yang akan mendatangkan Rahmat-Nya (kasih sayang-Nya). Maka dari itu teruslah menanam dan melestarikan lingkungan hidup agar mendapat keridhoan-Nya. Ketika Allah ridho, maka kita pun tidak sulit dalam menjalani kehidup ini.


Penulis : Intan Agustina, Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah

 Dan Ilmu Keguruan IAIN LANGSA

Penulis blog

Tidak ada komentar