ARTIKEL BERITA DAERAH LANGSA

Pentingnya Menanamkan Bacaan Al Qur'an Kepada Anak-Anak | Risa

Walies MH
Oktober 06, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
LANGSA
Pentingnya Menanamkan Bacaan Al Qur'an Kepada Anak-Anak | Risa

Penulis: Risami Chaira, Mahasiswi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Langsa

Belajar di masa kanak kanak merupakan pembinaan yang tepat karena pembinaan diusia Kanak- kanak pengaruhnya sangat tajam dan kuat didalam ingatan mereka bahkan sangat membekas, berbeda dengan anak dewasa yang pembinaannya lumayan memakan waktu yang lama. Namun, Banyak orangtua yang menunda untuk mengajarkan Al-Qur’an pada anak-anaknya dan beranggapan bahwa anak-anak masih terlalu berat jika diajarkan Al-Qur’an, apalagi untuk menghafal Al-Qur’an. Padahal seorang anak yang menghafal Qur’an bisa menjadi penolong bagi orangtuanya.

Seorang anak yang mulai mempelajari Al-Qur’an sejak dini akan benar-benar mengingatnya sampai ia dewasa nanti, ilmu yang didapatkan diwaktu kecil layaknya mengukir di atas batu. Ilmu yang didapatkan pada waktu dewasa layaknya mengukir di atas air. Mempelajari Al-Qur’an apalagi menghafalnya akan membantu meningkatkan kecerdasan seorang anak. karena sang anak telah mengasah otaknya semenjak kecil. Penting bagi mereka dimasa depan, karena mengaji Al-qur’an merupakan wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi seluruh makhluk di bumi. sebuah ibadah dimana jika melakukannya mendapatkan pahala. Al-qur’an adalah pedoman hidup umat islam maka dari itu kita harus mempelajarinya dan memahami isinya. namun pada dasarnya belajar mengaji Al-qur’an harus ditekuni karena setiap pendidik mempunyai aturan masing-masing dalam mengajar membaca Al-qur’an. 

Agar mampu mengusai ilmu Al-qur’an kita diharuskan rajin dan tekun dalam mempelajarinya. anak-anak mampu memahami dan menirukan secara cepat dan sangat mudah mengajari anak-anak sejak kecil, anak-anak sangat mudah menirukan dengan cepat dan kesempatan ini bisa dipakai untuk memudahkan dalam pembelajaran belajar mengaji sesuai dari dasar. merupakan wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi seluruh makhluk di bumi. Al-Qur'an mencakup setiap aspek kehidupan yang perlu diketahui dipahami serta diamalkan setiap umat Islam. membaca Al-Quran termasuk ibadah paling utama yang memiliki berbagai keutamaan. Bahkan, ibadah membaca Al-Qur'an ini akan diganjar dengan pahala yang berkali lipat. 

Belajar membaca Al-quran harus diterapkan dari usia dini karena akan lebih mudah baik bagi pendidik ataupun peserta didik. Namun pada kenyataannya belajar mengaji Al-qur’an zaman sekarang sangat sedikit sekali anak-anak kecil yang mau belajar karena mereka lebih suka dengan menonto tv, main gadget dan juga main game.Kesadaran mengaji tidak hanya harus digerakkan kepada anak-anak namun lebih utama kepada orang tua didik. Karena merekalah yang sebenarnya kunci keberhasilan. kedisiplinan dan kemauan yang dipupuk dari orang tua kepada anak-anak untuk belajar mengaji Al-qur’an harus digiatkan dan dilakukan berulang ulang untuk mengingatkan mereka bahwa mengaji itu penting. anak-anak diajarkan hafalan dan juga tajwid serta tentang kefashihan saat membaca atau tata cara melakukan sholat dengan baik dan benar. 

Strategi mengajar disetiap tempat mengaji pasti berbeda-beda namun satu yang pasti adalah bertujuan mencerdaskan memahamkan agar anak-anak yang mengaji bisa membaca dan menguasai ilm-ilmu tentang hukum bacaan Al-qur’an. komunikasi sangat penting dalam belajar mengaji antara murid dan guru harus mempunyai komunikasi yang baik karena itu menentukan keberhasilan dalam pembelajaran mengaji. Berkomunikasi dengan anak usia dini harus sesuai dengan usianya apalagi dalam mengajari mereka tentang Al-qur’an, namun dengan komunikasi yang baik akan mencapai hasil yang baik pula. 

Namun dalam pembinaan tersebut membutuhkan dukungan orangtua secara menyeluiruh dalam belajar mengaji agar sesuai dengan apa yang diinginkan tentunya mampu memahami dan membaca Al-qur’an dengan baik dan benar. belajar mengaji Al-qur’an tidak hanya diperuntukkan untuk anak usia dini atau anak remaja saja, namun sangat dianjurkan juga untuk para orangtua. Karena mencari ilmu itu tidak mengenal umur terlebih lagi belajar mengaji Al-qur’an yang pahala membacanya itu dipastikan oleh Allah SWT walau satu ayat.

Dengan demikian, sangatlah bermanfaat belajar di usia kanak-kanak, Karena anak akan lebih cepat mengerti materi yang diberikan. anak pada usia dini cenderung lebih mudah untuk menangkap suatu hal dan suatu pembelajaran yang baru.

Sehingga apabila anak terbiasa dilatih untuk mengaji Al-Qur’an setiap harinya, maka hal ini tentunya merupakan awal yang baik bagi anak, dan Menjadi bekal bagi seorang anak bagi kehidupan mereka nantinya, Seorang anak yang terbiasanya mengaji sejak dini, maka hal ini tentunya akan menjadi bekal yang sangat berguna bagi kehidupan mereka di masa yang akan mendatang, mereka bisa menerapkan isi dari Al-Qur’an tersebut dalam kehidupan sehari-harinya, serta mendapatkan pahala sejak usia dini., niatkan tujuan kita mengaji Al-Qur’an tersebut ikhlas karena Allah Ta’ala, maka pahala tersebut akan datang seiring dengan niat kita, Menanamkan jiwa dan kebiasaan yang bermanfaat bagi anak sejak dini. Apabila anak telah kebiasaan membaca Al-Qur’an sejak dini, maka secara tidak langsung hal ini akan menumbuhkan jiwa dan kebiasaan yang baik dan bermanfaat bagi anak.

Penulis blog

Tidak ada komentar