ARTIKEL BERITA DAERAH

Peran Remaja Masjid Jami’ Nurul Iman Desa Seulalah Dalam Memakmurkan Masjid | Reza

Walies MH
Juli 13, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
Peran Remaja Masjid Jami’ Nurul Iman Desa Seulalah Dalam Memakmurkan Masjid | Reza


Sampai sekarang ini program kerja remaja masjid masih dalam renovasi, karena tahun lalu sempat vakum sehingga saat ini BKM mencoba untuk membangkitkan kembali organisasi remaja masjid ini. Jika ditinjau dari keaktifan anggota remaja masjid, maka hal ini masih sangat lemah untuk diakui kehadirannya sehingga berdampak pada program kerja yang tidak seimbang dijalankan atas nama remaja masjid. Sedangkan waktu luang yang dimiliki oleh sebagian remaja masjid untuk menjalankan program kerja yang ada masih dibatasi dengan pekerjaan mereka yang rata-rata adalah kuliah. 

Selain itu, kegiatan-kegiatan yang diadakan di masjid pun akan ikut vakum bila tidak aktifnya remaja di masjid. Kegiatan yang dilaksanakan di masjid tentunya tidak hanya dilaksanakan oleh BKM Jami’ Nurul Iman Desa Seulalah, tetapi juga remaja masjid sebagai penerus generasi muda yang sedang mempersiapkan masa depannya melalui prestasi dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, dengan adanya peran remaja masjid dalam kegiatan-kegiatan yang berkerjasama dengan BKM Masjid Jami’ Nurul Iman.

Maka para remaja masjid dapat membangun minat dan bakat dalam banyak macam-macam kegiatan remaja masjid, khususnya kegiatan keagamaan. Seperti shalat, puasa, mengaji, dan lembaga organisasi keagamaan lainnya di antaranya: (a) majlis Ta’lim; (b) pengajian; (c) peringatan Hari Besar Islam; (d) rohis (Rohani Islam). Kurangnya kesadaran anggota remaja masjid yang tidak aktif berdampak pada terhambatnya anggota lain. Faktor-faktor hambatan tersebut oleh Remaja Masjid harus ditanggulangi agar tidak terjadi yang pada akhirnya nanti akan merusak citra remaja masjid itu sendiri. 

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan remaja masjid adalah: (a) melakukan kegiatan dalam masyarakat; (b) mengundang masyarakat masjid; (c) berdialog dengan masyarakat. Dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat maka kiprah dan keberadaan remaja masjid tampak positif dimata masyarakat dan masyarakat akan merasa semakin simpati sehingga dengan senang hati membantu dan memberikan dukungan. Di samping itu citra remaja masjid pun akan menjadi baik dan makmur. Remaja Masjid pada umumnya memiliki semangat yang tinggi dan dinamis mereka memiliki waktu yang banyak, sehingga lebih berpeluang terlibat dalam kegiatan-kegiatan di masjid.

Profil Penulis 
Nama : REZA SEPTIAWAN
Asal Kampus : IAIN LANGSA
Nim : 2012019041
Fakultas/Prodi : Syariah/HES
Semester/Unit : Vl/ll

Penulis blog

Tidak ada komentar