ACEH ACEH TIMUR ARTIKEL BERITA DAERAH

BUMG Depot Air Isi Ulang Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Yang Ada Di Desa Bengkelang Kecamatan Bandar Pusaka

Walies MH
November 25, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH
ACEH TIMUR
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
BUMG Depot Air Isi Ulang Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Yang Ada Di Desa Bengkelang Kecamatan Bandar Pusaka
Artikel Oleh : Putri Wulandari, Dinda Nanda, Izzatul Muna, Muhammad Ramadhan Anuar 

Desa Bengkelang merupakan salah satu desa yang ada di kabupaten Bandar Pusaka Aceh Tamiang. Desa tersebut merupakan pemekaran dari kecamatan Taming Hulu dengan jumlah keluarga yang metenap di kampung tersebut berjumlah 223 KK. Desa Bangkelang merupakan salah satu desa di Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang. Secara geografis Desa Bangkelang terletak pada posisi .03°53’18.81”.- 04°. 32' 56.76” .Lintang Utara dan 11°.33'-12°33.' Bujur Timur. Topografi ketinggian desa ini adalah berupa daratan sedang yaitu sekitar 700 meter di atas permukaan air laut. Desa bengkelang memiliki hamparan perbukitan, dan ladang atau kebun yang sangat luas. Di desa tersebut banyak masyarakat yang bertani dan berkebun di ladang atau kebun. Adapun komoditi yang terdapat di desa bengkelang ini antara lain, karet, dan kelapa sawit. 

Di desa bengkelang juga terdapat  sumber air yang melimpah. Desa Bengkelang memiliki sumber mata air, air terjun, dan sungai. Keindahan dan kekayaan alam ini tentunya menjadi nilai tambah bagi Desa Bengkelang di mata masyarakat dalam maupun luar kampung. Sumber air yang di gunakan untuk BUMG Depot  Air Sangkapane ini berasal dari Tamsar 27, yakni dengan menggunakan program air bersih. Melihat potensi alam yang dimiliki oleh desa bengkelang, perlu diketahui, bahwasanya desa bengkelang memiliki BUMG yang dinamai dengan Depot Air Sangkapane yang merupakan tempat pengisian ulang air minum, yang sudah berdiri sejak 1 tahun yang lalu. Pada saat pembukaan BUMG Depot Air Sangkapane ini juga seklian membeli alat - alat yang akan digunakan dalam pengelolaan depot tersebut. 

Badan Usaha Milik Gampong yang disebut BUMKG adalah suatu lembaga / badan perekonomian desa yang berbadan hukum, yang telah dibentuk dan dimiliki oleh Pemerintah Desa, dikelola secara ekonomis mandiri dan professional dengan modal seluruhnya atau sebagian besar merupakan kekayaan desa yang dipisahkan. Program BUMG yang di terapkan di Desa Bengkelang, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, dalam hal ini BUMG dalam melaksanakan program yang berada di bawah naungan BUMG sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Landasan Hukum Pendirian BUMG/BUMdes dilandasin oleh UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan PP No. 72 Tahun 2005 tentang Desa. 


Pengolahan yang di lakukan pada BUMG Depot Air Sangkapane ini, dilakukan oleh beberapa masyarakat didesa, karyawan yang dimiliki oleh depot air tersebut sebelum angkutan yang bisa di gunakan sebagai pengantar dan pengambilan galon itu rusak ada 5 orang karyawan, serta pihak desa juga berkomitmen bersama karyawan yang mengelola depot air tersebut dengan membagi berapa pun penghasilan yang di dapat kepada karyawan dan kepada desa. Apabila penghasilan yang di dapatkan banyak maka yang di bagikan kepada karyawan dan desa juga akan banyak begitu juga sebaliknya. 

Pemberian bagian pendapatan kepada karyawan itu tergantung keinginan ada yang per-satu bulan dan ada juga yang per-tiga bulan. Pembagian penghasilan yang didapat dari depot air minum isi ulang yang masuk kedalam dana desa sebesar 20 %. Perkiraan pendapat yang di hasilkan perharinya dari Depot Air Sangkapane ini sekitar 30 galon perharinya, akan tetapi akhir-akhir ini sangat berkurang dikarenakan angkutan yang dimiliki yang biasa digunakan untuk pengambilan dan pengantaran galon air sedang ada kendala yaitu rusak. 

Biasanya rute yang ditempuh untuk pengambilan dan pengantaran galon oleh anggutan sampai keluar kampung, seperti kampung - kampung yang ada disekitarnya yakni desa Batu Bedulang dan desa pengidam, akan tetapi dikarenakan angkutan yang dimiliki sedang bermasalah sehingga untuk pembelian air galon pembeli harus datang langsung ke depot air tersebut. 

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil kegiatan Febi Workcamp ini adalah bahwa masyarakat di Desa Bangkelang, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang. sangat termotivasi mengembangkan BUMG Depot Air Isi Ulang untuk menambah kegiatan masyarakat dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan cara mengoptimalkan seluruh alat-alat pendukung seperti mobil angkutan yang biasanya digunakan untuk pengambilan dan pengantaran air galon kepada pembeli. Serta BUMG Depot Air Isi Ulang ini tidak hanya masyarakat yang ada didesa itu saja yang membeli air di depot tersebut,tetapi juga ada dari desa -desa sekitarnya yakni seperti batu bedulang dan desa bengkelang. 

Saran yang direkomendasikan bahwa agar BUMG Depot Air Isi Ulang yang ada di Desa Bangkelang ini berkesinambungan artinya agar BUMG Depot Air Isi Ulang ini semangkin banyak digunakan oleh masyarakat di desa tersebut dan wilayah sekitarnya. Dan pengurus BUMG Depot Air Isi Ulang harus lebih meningkatkan lagi pengoprasionalan nya agar dapat meningkatkan dan mengembangkan BUMG Depot Air Isi Ulang di Desa Bangkelang, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang . 

Penulis blog

Tidak ada komentar