ACEH ACEH TIMUR ARTIKEL BERITA DAERAH

Pengelolaan Tamsar 27 Menjadi Air Siap Konsumsi Serta Kualitas Air Isi Ulang di Desa Bengkelang

Walies MH
November 25, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH
ACEH TIMUR
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
Pengelolaan Tamsar 27 Menjadi Air Siap Konsumsi Serta Kualitas Air Isi Ulang di Desa Bengkelang
Artikel Oleh: Mahasiswi IAIN LANGSA (Intan Butifa, Salwa Fachri Assa’dy, Jenni Priandini ) 


Bengkelang adalah salah satu desa/kelurahan di Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Kamis (27/10/2022). 

Keberadaan depot air minum isi ulang terus meningkat sejalan dengan dinamika keperluan masyarakat terhadap air minum yang berkualitas baik dan aman untuk dikonsumsi. Air adalah materi penting dalam kehidupan oleh karena itu semua makhluk hidup sangat membutuhkan air. Air sangat diperlukan oleh tubuh manusia seperti halnya udara dan makanan, manusia tidak akan bisa bertahan hidup tanpa air. Selain serbaguna untuk manusia, air pun diperlakukan oleh makhluk hidup lain misalnya hewan dan tumbuhan. Begitu juga dengan manusia karena 70% zat pembentuk tubuh manusia terdiri oleh air. Kebutuhan akan air untuk keperluan sehari-hari di setiap tempatnya berbeda-beda karena tingkat kehidupan juga berbeda-beda karena semakin tinggi tarif kehidupan maka semakin banyak membutuhkan air. Lingkungan yang sehat dan tidak tercemar salah satunya dapat dilihat dari kualitas air yang digunakan manusia sebagai pokok penunjang dalam aktivitas kehidupan manusia. 

Tamsar 27 merupakan sebuah sungai kecil yang dialiri air jernih, di sana terdapat 27 tingkatan yang terbuat dari batu. Tentunya tempat tersebut memiliki keunggulan tersendiri yang tidak ditemui di daerah lain. Berbicara tentang desa, tak luput akan BUMK yang ada di desa tersebut. Bagi manusia, air sebagian besar digunakan untuk air minum, baik yang dapat diminum langsung maupun yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum diminum. Air merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Air juga memiliki sifat yang paling penting sebagai sumber kehidupan. Dimana air dapat menimbulkan reaksi senyawa organik yang dapat melakukan replikasi. Dimana ada kepercayaan bahwa manusia membutuhkan 8 sampai 10 gelas air mineral seharinya. 

Meskipun alam menyediakan air yang cukup banyak, namun tidak seluruhnya dapat digunakan sebagai air minum untuk dikonsumsi. Setiap air tidak memiliki kualitas yang sama. Air untuk dikonsumsi atau diminum harus memiliki kualitas yang baik sehingga layak untuk diminum. Mengonsumsi air yang tidak baik kualitasnya dapat menimbulkan berbagai penyakit. 

Dengan hal ini, maka tak heran jika banyak kelompok-kelompok usaha menjadikan air minum sebagai suatu usaha untuk menghasilkan uang. Bersamaan dengan dinamika tersebut banyak berdiri usaha-usaha untuk memanfaatkan kebutuhan manusia sebagai objeknya, salah satunya pengolahan air minum isi ulang. Air minum isi ulang adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Air minum aman bagi kesehatan apabila memenuhi persyaratan fisika, mikrobiologis, kimiawi, dan radioaktif yang dimuat dalam parameter tambahan. Tingginya permintaan air minum isi ulang menyebabkan meningkatnya volume usaha Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU). 


Kebutuhan masyarakat akan air minum yang terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan ketersediaan air bersih yang ada. Air minum isi ulang adalah salah satu jawaban pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat Indonesia yang murah dan praktis. Hal ini yang menjadi alasan mengapa masyarakat memilih air minum isi ulang untuk dikonsumsi. 

Meningkatnya permintaan masyarakat akan air minum isi ulang yang hemat dan praktis, pemilihan depot air minum isi ulang sebagai alternatif air minum menjadikan air Tamsar 27 sebagai sumber air isi ulang yang dapat di konsumsi. Adanya Tamsar 27 usaha bisnis yang menguntungkan, pasti memiliki beberapa alasan yang menjadi peluang bisnis tersebut kemudian bisa menjadi bisnis yang akan memberikan kesuksesan. Seperti halnya dengan bisnis air isi ulang di Desa Bengkelang, sekarang masyarakat lebih memilih mesin air isi ulang untuk menghasilkan air minum yang layak dikonsumsi sehari-hari daripada memasak air. Inilah yang menjadi peluang kenapa bisnis air isi ulang ini akan terus berjaya. 

Khususnya Desa Bengkelang masyarakat tahu sumber air yang mereka minum berasal dari Tamsar 27 dari air yang jernih yang dapat di konsumsi. Walaupun mereka memang dalam rumah juga ada air yang biasa digunakan untuk memasak atau mandi. Namun air keran atau air sumur tidak terjamin kebersihan dan kehigienisannya. Apalagi jika terdapat rasa tertentu atau warna yang tidak jernih, bisa dipastikan jika airnya tidak sehat. Dibutuhkan alat air isi ulang yang bagus untuk membersihkannya. Bahkan, jika ada bau atau rasa, sebaiknya jangan dipakai untuk hal lain karena mengandung bakteri atau zat tertentu dari benda asing yang tercemar kecuali telah disaring dengan alat tersebut. 

Pada proses pengolahan air minum pada depot air minum isi ulang di Desa Bengkelang, dilakukan sistem pengolahan tanpa pemanasan. Bahan baku air bersih diolah dengan cara filtrasi dan desinfeksi. Untuk menjaga kualitas produknya Depot Air Minum di desa Bengkelang mengambil sumber air yang berasal dari air Tamsar 27. Dalam pengolahan produknya adapun beberapa proses dan alat-alat yang dipakai guna menjaga kualitas air minum produksi. 

Air minum isi ulang di Desa Bengkelang menggunakan mesin isi ulang yang juga memfilter air sehingga hasil saringan juga lebih bersih dan higienis. Selain itu, biasanya sumber air isi ulang ini didapatkan dari mata air pegunungan bukan memakai air tanah atau sumur secara langsung. Dibandingkan dengan memasak air putih sendiri yang tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk memasak karena dibutuhkan beberapa liter untuk dikonsumsi setiap hari untuk seluruh keluarga, selain itu membutuhkan energi baik itu gas maupun listrik untuk memasaknya. 

Penyimpanan air baku yang diambil dari sumbernya diangkut dengan menggunakan tangki air dan selanjutnya ditampung dalam bak tendon. Bak tendon dibuat dari bahan tara pangan (food grade) dan bebas dari bahan-bahan yang dapat mencemari air. Dan Air Baku Selang dan pompa yang dipakai untuk bongkar muat air baku diberi penutup yang baik, disimpan dengan aman dan dilindungi dari kemungkinan kontaminasi. Tangki, selang, pompa dan sambungan terbuat dari bahan tara pangan (food grade) tahan korosi dan bahan kimia yang dapat mencemari air. Pompa memakai jenis pompa semi jet berbahan stainless. 

Penyaringan dalam proses penyaringan air baku, ada 3 tahap penyaringan yaitu Filter Media Penyaringan pertama saringan berasal dari pasir atau sand filter. Filter media penyaringan kedua saringan karbon aktif atau carbon filter catridge Saringan halus atau micro filter Proses ini berfungsi untuk menyaring dan menyeimbangkan unsur air agar diperoleh kesetimbangan baru berstandar air murni. Desinfeksi adalah proses yang dimaksudkan untuk membunuh kuman patogen. Proses desinfeksi sesuai standar pemrosesan air minum terdiri dari menggunakan Ozon (O3) yang berlangsung dalam tangki pencampur ozon minimal 0,1 ppm dan residu ozon sesaat setelah pengisian berkisar antara 0,06 – 0,1 ppm. Ozon untuk mensterilasasi media/tempat filtrasi, air, tabung filter, tangki air, dan instalasi lainnya agar terhindar dari kontaminasi. 

Penyinaran Ultra Violet (UV) dengan panjang gelombang 254 mm atau kekuatan 2.537 derajat angstrom. Proses desinfeksi sinar ultra violet yaitu dengan melewatkan air ke dalam tabung atau pipa yang disinari dengan lampu ultra violet. Sinar ultra violet berfungsi membunuh mikroorganisme pada air. 

Pengisian air bersih selanjutnya ke tempat air (galon) dilakukan dengan menggunakan saluran yang terjaga kebersihannya serta dilakukan dalam tempat pengisian yang higienis. Pencucian galon dilakukan untuk membersihkan bagian dalam galon, agar terhindar dari kontaminasi kotoran yang mungkin saja masih tertinggal di dalam galon. 

Harga yang murah Jika dibandingkan dengan air galon merek tertentu, pastinya air minum isi ulang dalam kemasan harganya lebih mahal. Sebagai perbandingan, air galon bermerek dijual sekitar Rp. 15.000,00/galon sedangkan air isi ulang sekitar Rp 5..000,00/galon. Bahkan, untuk air isi ulang Reverse Osmosis (RO) saja harganya masih murah, yakni sekitar Rp. 8.000,00 s/d Rp. 10.000,00. Jadi, masih lebih murah air isi ulang dari pada air galon bermerek. Adanya layanan antar jemput benar, tinggal sms, telepon atau pesan lewat WA, BBM, Line, kemudian air isi ulang baik itu air mineral atau air RO akan langsung dikirim. Dengan adanya yang canggih dan dapat bekerja cepat, maka proses pengisian air juga cepat yang artinya, proses antar jemput. 

Dan sampai saat ini usaha air galon yang ada di Desa Bengkelang berjalan dengan lancar, sesuai yang di inginkan dengan tetap memperhatikan kualitas air bersih.

Penulis blog

Tidak ada komentar