ARTIKEL CERITA DAERAH

Analisa Usaha Peternak Ayam Di Kecamatan Manyak Payed

Bintang Kecil
Desember 21, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
CERITA
DAERAH
Analisa Usaha Peternak Ayam Di Kecamatan Manyak Payed




 

Berbagai macam telur ayam telah terbukti memiliki lebih banyak manfaat kesehatan, yang menyebabkan peningkatan jumlah konsumen yang signifikan. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan ayam petelur komersial yang secara signifikan meningkatkan pendapatan perekonomian nasional. Tidak hanya telur aja yang begitu memiliki manfaat namun dagingnya juga banyak manfaat bagi kita untuk mengkonsumsinya.

Manfat dari pertenak ayam yang banyak bukan hanya dari daging, telur, bahkan limbah, dan bulu juga dapat dimanfaatkan beberapa hal seperti pupuk dan bulu menjadi kerajinan yang dapat di perjual belikan. Sehingga ayam kalau di ternakkan maka akan mendapatkan keuntungan yang begitu melonjak karena masa panen yang singkat hanya sekitar 3 bulan saja.

Dengan demikian, laporan ini telah mengkonfirmasi pentingnya untuk menerbitkan pertenakkan ayam dengan  publikasi masalah yang relatif terabaikan dan lebih banyak potensi yang ditemukan di dalamnya. Banyak hal yang tidak kita tahu bahwasnya ungags ini mampu mendongkrak perekonomian kita.

Akibatnya, di sebagian besar wilayah, percobaan telah dilakukan pada langkah-langkah yang diperlukan dan mereka telah mengetahui bahwa subsidi yang relatif rendah dapat dilakukan dalam peternakan ayam. Namun sedikit kendala yang harus dihadapi dalam pertenakan ini ialah pakannya banyak yang di export karena banyaknya pertenakan di Indonesia bahkan aceh sendiri menjadi melonjak dalam peningkatan makan ternak ayam ini. Sehingga pangan yang ada di olah sendiri dalam negri tidak mencukupi dalam mensuplai semua pasokan pangan ayam keseluruh pertenakan.

Ayam yang menguntungkan dapat dibudidayakan di berbagai daerah dan seberapa sukses ayam-ayam ini sebagai hasilnya. Contoh pertenakan ayam di desa maya peyed sendiri merupakan salah satu contoh hasil sukses dari pertenakan ayam yang ada dindonesia maupun di aceh sendiri. Bahkan pertenakan ayam untuk daging dan telur begitu melonjak pesat dalam beberapa waktu tertentu terutama di masa bulan ramadhan dan juga tahun baru.

Peternakan ayam dan biaya operasional akan membuat beberapa daerah lebih baik dalam beternak ayam dibanding yang lain. Pendapatan bisnis keseluruhan pada akhir dari berbagai kabupaten diharapkan untuk dibandingkan satu sama lain untuk mengembangkan subsidi daerah seperti apa yang lebih mungkin menghasilkan pendapatan bisnis tertinggi per unit pengeluaran dan ke mana bantuan keuangan harus disalurkan. Subsidi pertenakan ayam berupa pangan yang di impor dari luar merupakan hal yang baik dalam melakukan mendukung para pelaku usaha pertenakan ayam daging maupun perternakan ayam telur.

Hingga saat ini sebagian besar peternak memilih beternak ayam untuk mengisi kekosongan, memenuhi kebutuhan keluarga dan menunjang kebutuhan mereka. Namun, begitu mereka beternak ayam, mereka butuh investasi. Khususnya dalam hal peternakan ayam. Meningkatkan bangunan koperasi ayam, membeli inkubator yang lebih berat saat beternak ayam, dan membeli ayam eceran semuanya diperlukan saat beternak ayam.

Biaya energi yang rendah seringkali dapat menghemat banyak uang bagi orang yang menjalankan bisnis peternakan ayam dan karenanya biasanya meningkatkan keuntungan. Ini dapat membantu peternak menebus area di mana tidak ada untungnya beternak ayam sendiri.

Untuk mendirikan usaha sendiri peternak ayam membutuhkan proyek yang memiliki keunggulan bersaing dengan proyek lain seperti mesin unggas atau mesin kandang karena memang ada di hampir setiap wilayah yang telah dialokasikan area peternakan penghasil anak.

Manfaat dari pertenakan ayam ini sangat banyak, mampu menyerap tenaga kerja local untuk pengelolaan pertenakan ayam, seperti pemberian pangan, pembersian area pertenakan dan pengelolaan limbahnya. Kita tidak tau bahwasnya dengan limbah yang dihasilkan mampu menjadi pupuk alami untuk tumbuhan sekitar.

Namun efek samping dari pertenakan ini iyalah limbah yang tidak tahu. Limbah nya yaitu kotoran ayam yang sangat bau menyengat sangat mengagngu bagi warga sekitar ketika tidak di lakukan pengelolaan yang baik dan benar. Sehingga kita harus berpikir inovatif dalam segala aspek dalam pertenakan ayam ini membuat kita akan memajukan hal ini.

Dari pengalam saya kunjungan ke pelaku pertenakan ini saya mendapatkan banyak pembelajaran seperti bagaimana memanajemen pengelolaan pertenakan ayam sendiri bahwa ini sebagai sumber rezeki yang melimpah. Karena banyak manfat yang akan kita peroleh.

Penulis : Suasah (4012019034) Mahasiswi Perbankan Syariah, IAIN Langsa

Penulis blog

Tidak ada komentar