Beranda
ACEH
ACEH TIMUR
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
LANGSA
Budidaya Ikan Lele Sebagai Upaya Menjaga Ketahanan Pangan Desa
Artikel Oleh : Sarifah Zuhra (KKN-DR Berbasis Media Sosial) Mahasiswi Pendidikan Guru Madrasah dan Ibtidaiyah, IAIN Langsa


Salah satu upaya pemberdayaan masyarakat di Desa Alue Pineung tepatnya di Dusun Cempaka adalah melalui budidaya ikan lele. Budidaya ini dicetuskan oleh bapak Muhammad Hendri yang merupakan Kasie Tata Usaha Dan Umum desa Alue Pineung. “ ini termasuk dari program SDGS, jadi desa boleh membuat program yang bisa bermanfaat untuk masyarakat. Misalnya, ternak lele, lembu, bisa juga kambing dan juga tumbuh-tumbuhan. Cuma kami berinisiatif ternak lele ini karena cara pengolahannya yang gampang. Tapi, paling yang ribet itu di pakannya aja” jelas Bapak Muhammad Hendri untuk latar belakang dari terbentuknya budidaya lele ini. 

Dana yang digunakan untuk membuat budidaya lele ini didapat dari dana desa. Mulai dari wadah, ongkos pemasangan wadah, bibit ikan lele, pakan, sampai dengan perawatan hingga selesai. Namun, lahan yang dipakai untuk budidaya tersebut adalah swadaya dari perangkat desa yang juga menjadi anggota yang berpartisipasi dalam budidaya tersebut.

Sementara waktu ini hanya ada dua kolam budidaya yang dibuat satu kolam untuk ikan dewasa dan satu kolam lagi untuk ikan yang masih kecil. Harapannya budidaya ini bisa dikembangkan lagi dengan menambah kolam dan bibit ikan lagi. 
Menariknya, kolam ini mempunyai tempat pembuangan air secara otomatis. Jadi, walaupun di pemusim hujan seperti bulan ini dapat dipastikan kolam tersebut tidak penuh air. “ targetnya sebulan sekali kami ganti air, cuman ini kan musim penghujan jadi gausah di ganti air kan otomatis terganti sendiri dia. Kalo penuh, keluar dari pipa ini terus di tengah kolam ini dibawahnya ada penyaring, biar ikannya gak keluar” ucap bapak Muhammad hendri.    

Bapak Muhammad hendri mengatakan “ kalau udah panen nanti ikannya kita bagi untuk masyarakat per KK, di desa ini ada sekitar 447 KK itu kita usahakan dapat semua walaupun satu rumah misal satu KK itu dapat 2 atau 3 ekor kita bagi rata semuanya. Karena ini program masyarakat, jadi dari masyarakat untuk masyarakat”. 

Harapannya budidaya ikan lele ini bisa lebih berkembang dan bisa memberikan keuntungan untuk masyarakat sekitar. 

Penulis blog

Tidak ada komentar