ARTIKEL PSIKOLOGI

Dampak Game Online Bagi Generasi Islam di Era Milenial

Walies MH
Januari 11, 2023
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
PSIKOLOGI
Dampak Game Online Bagi Generasi Islam di Era Milenial

Ditulis Oleh Zahratun Khairiyah Mahasiswi Psikologi Islam IAIN Langsa

Di zaman milenial ini, perkembangan teknologi semakin berkembang pesat.Salah satunya adalah  game online yang  sudah tidak asing lagi bagi setiap kalangan baik anak-anak, remaja, maupun dewasa,dan ternyata game online malah memunculkan masalah baru yaitu kecanduan.

Game online merupakan sebuah permainan digital yang sangat canggih yang dapat dimainkan oleh semua orang, dimana saja dan kapan saja.Game online harus menggunakan jaringan internet untuk memainkan sebuah permainan tanpa ada batasan waktu.Game online juga  dibuat sebagai media hiburan bagi semua orang untuk menghilangkan rasa lelah dan suntuk dari kegiatan  sehari-hari.

Sesungguhnya islam adalah agama yang sangat menghormati realita,dan kongkrit yang terdapat di sekitaran dalam diri manusia.Islam bukanlah agama yang membelengu manusia(Al-Baqarah:286,Al-Maidah:6,Al-Hajj:78), islam juga bukanlah agama yang utopis yang memberlakukan manusia seolah-olah malaikat yang tidak memiliki keinginan atau nafsu sama sekali.Islam sangat memberikan keluasan dan kelapangan bagi manusia untuk mersakan kenikmatan hidup(Al-Maidah:78).

Kebanyakan Generasi Islam tidak mengikuti anjuran yang sudsh dijelaskan dalam surah diatas. Kecanduan game adalah awal dari kehancuran psikologis. Islam tidak mengajarkan  agar seseorang menjauhi kesenangan  dan hiburan tetapi, jangan berlebihan. Islam justru mengajarkan bahwa mencari ketenangan, beristirahat, mencari hiburan bisa dilakukan namun, harus sesuai dengan porsinya. Juga demikian tidak semua ksesengan dan hiburan mendapat tempat dalam agama Islam. Islam hanya membolehkan jenis-jenis kesenangan yang didalamanya terdapat unsur pendidikan, kesehatan, dan nilai-nilai moral lainnya.

Dalam pandangan Islam terlalu berlebihan dalam bermain game online di gadget ataupun komputer, karena mengandung banyak mudorot/dampaknya yaitu:

Pertama, dalam segi kesehatan bagi generasi Islam menyebabkan keterlambatan pertumbuhan psikologis, penurunan aktivitas perkembangan otak depan yang berakibat pada menurunya kemampuan mengendalikan emosi sehingga pemain game cepat mengalami perubahan emosi, sehingga mengalami masalah dalam hubungan masyarakat karena tidak konsentrasi.

Kedua, dalam segi akhlaq (watak), ternyata game dapat menyebabkan perilaku yang tidak baik seperti tidak memiliki etika dalam berbicara terutama pada generasi islam yang masih anak-anak.

Ketiga, dalam segi psikis orang yang suka bermain game akan menyebabkan sulitnya untuk fokus dan susahnya bermasyarakat, karena terus-terusan keasikan bermain game, bahkan kecanduan itu akan membuat orang malas belajar.

Lalu bagaimana cara yang baik agar saat bermain game tidak menimbulkan sisi negatif. Untuk itu perlu diperhatikan batasan-batasannya:

Pertama, harus memastikan permainan yang di sediakan tidak bertentangan dengan dasar-dasar pokok dalam agama Islam, baik akidah, akhlak, dan ibadah. Selain itu juga, harus dipastikan pula bahwa pembelajaran itu tidak mengandung unsur kekerasan, brutalan (jorok) dan seksualitas ( seks). Sehingga dalam diri Generasi Islam tidak tumbuh kecenderungan emosi, sikap gampang menyakiti orang lain dan pikiran-pikiran kotor.

Kedua, hendaknya game-game dimainkan sesuai dengan waktunya, jangan berlebihan sampai menghabiskan seluruh waktu, menghalangi dari aktifitas lainnya dan mengambil waktu-waktu belajar serta bekerja dan pengawasan  orang tua juga sangan diperlukan dengan memilihkan jenis –jenis game yang baik dan cocok bagi anaknya.

Pada dasarnya, hiburan game tidaklah salah. Karena game bisa menjadi hiburan yang membuat kita terhindar dari stress. Tetapi, jika tidak dibatasi akan menimbulkan mudorot yang menyebabkan pengaruh negative yang luar biasa kepada pengguna game.Untuk itu hendaknya kita sebagai generasi islam mengetahui batasan-batasan dalam bermain game online agar kita terhindar dari dampak negative memainan game online secara berlebihan.

Penulis blog

Tidak ada komentar