ARTIKEL PSIKOLOGI

Dampak Perceraian Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Walies MH
Januari 11, 2023
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
PSIKOLOGI
Dampak Perceraian Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Ditulis Oleh Fitri Diana ( 3062022012 ) Mahasiswi Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa

Anak adalah amanah atau sering disebut titipan Allah SWT, anak adalah tunas , petensi dan generasi penerus cita cita pejuang bangsa, anak adalah generasi yang wajib dijaga dan di rawat dengan baik agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga dapat menjadi penerus dan generasi bangsa.Kembang adalah perubahan yang terjadi dalam diri seorang anak yang mempengaruhi fisiknya, misalnya seperti berat badan yang semangkin menambah, tinggi badan yang dulunya badannya pendek perlahan menjadi lebih tinggi dan banyak lainnya lagi intinya kembang anak adalah perubahan fisik yang terjadi dalam diri seorang anak.Tumbuh adalah perubahan yang terjadi dalam pemikiran seorang anak mulai ia dari kecil hingga dewasa , maka cara berfikir dan mengelola emosi pasti berbeda karena adanya tumbuh kembang seorang anak. Perceraian adalah suatu penyelesaian pemikiran yang apabila pihak suami istri sudah tidak menemukan jalan keluar dan sudah tidak adanya kenyamanan dan cinta di dalam suatu rumah tangga.

Dampak yang akan timbul terhadap tumbuh kembangnya anak :

Menimbulkan kecemasan, stres dan traumaJika seorang anak yang baru berusia masih kecil ia tidak akan mengerti dengan hal seperti itu , namun jika seorang anak itu tumbuh dan berkembang menjadi dewasa ia akan mulai mengerti dengan keadaan yang ia alami selama ini , dengan berjalannya waktu dia akan mulai merasa kurang kasih sayang , terlebih dari kedua orang tuanya karena kedua orang tuanya yang tidak bersama . Seorang anak akan mengalami trauma dengan perceraian kedua orang tuannya karenaia berfikir kenapa itu semua terjadi kepada ia dan keluarganya.

Rendahnya tingkat belajar ,Anak korban perceraian biasanya memiliki masalah dalam perilakunya, sehinggaterpengaruhi dalam fokus belajarnya, karena secara anak itu akan melakukan hal hal yang kurang baik , namun menurut ia baik , sebenernya mereka tidak ingin seperti itu namun ia hanya ingin dapat perhatian lebih dari orang lain.

Mudah terpengaruh hal negatifDalam proses tumbuh kembang seorang anak korban perceraian kedua orang tuanya, sangatlah mudah terjerumus dalam hal hal negatif seperti narkoba, rokok, alkohol dan pergaulan bebas lainya, mereka seperti itu karena mereka kurangnya perhatian dari kedua orang tua , maka dari itu mereka mencari ketenangan dan kenyamanan di luar rumah walaupun cara mereka salah .

“Dalam tafsir Al Mukhtasar/Markaz tafsir riyadah,di bawah pengawasan Sheikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid( Imam majelis haram) beliau menafsirkan dan beliau berkata : hai orang orang yang beriman kepada Allah dan menjalankan apa yang disyariatkan kepada mereka, buatlah perisai untuk dirimu dan keluarga kalian dari api besar ( neraka) yang dinyalakan dengan manusia dan bebatuan. Diatas neraka ada malaikat yang kasar terhadap orang orang memasuki dan keras , mereka tidak mendurhakai perintah Allah jika diperintahkan dan melaksanakan apa yang diperintahkan nya tanpa malas dan enggan.

Kesimpulan :

Dari penjelasan di atas sudah jelas sangat berpengaruh dampak dalam perceraian untuk tumbuh kembang anak , anak bisa tidak tumbuh dan berkembang seperti anak-anak yang biasanya dan sangat berpengaruh untuk seorang anak dalam menjalankan kehidupan sehari hari. Dan dalam penafsiran di atas juga sudah dikatakan bahwasanya kita disuruh menjaga diri kita dan menjaga keluarga kita. Jadi buat orang tua tetaplah bersama dan tetaplah saling menjaga keutuhan keluarga karena perceraian sangat berdampak dalam tumbuh dan berkembang seorang anak.

Penulis blog

Tidak ada komentar