ACEH ARTIKEL DAERAH

EDUKASI TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN PADA ANAK-ANAK DI DESA MEURANDEH TEUNGOH

Walies MH
Desember 20, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH
ARTIKEL
DAERAH
EDUKASI TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN PADA ANAK-ANAK DI DESA MEURANDEH TEUNGOH

KegiatanNonton Bareng Bersama Anak-Anak Desa MeurandehTeungoh


Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia yang mencakup sumber daya alam seperti air, tanah, tumbuhan dan hewan baik yang hidup di darat maupun di laut. Kebersihan dan kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh makhluk hidup termasuk manusia atau masyarakat sekitar. Oleh karena itu, munculah beberapa masalah dalam kebersihan dan kelestarian lingkungan yang diakibatkan oleh perilaku masyarakat yang menyalahgunakan kelestarian lingkungan, menggunakan SDA secara berlebihan, dan membuang sampah sembarangan.

 Pada dasarnya terdapat banyak permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh faktor manusia seperti penyalahgunaan kelestarian lingkungan, menggunakan SDA secara berlebihan, dan membuang limbah sembarangan tanpa adanya daur ulang yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan rusaknya kelestarian lingkungan sekitar. Oleh karena itu, solusi dari permasalahan ini adalah bagaimana masyarakat bisa paham terlebih dahulu terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang kemudian hal tersebut secara tidak langsung akan memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan.             

 Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kita dapat melihat perlu adanya tindakan atau aksi nyata dalam lingkup masyarakat dengan mewujudkan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang dimana kegiatan ini meliputi kegiatan sosialisasi edukasi terkait kebersihan lingkungan kepada masyarakat yang melibatkan pegiat kelestarian lingkungan.

 Kebersihan lingkungan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan baik lingkungan masyarakat maupun di lingkungan tempat tinggal sekitar. Kebersihan lingkungan merupakan hal terpenting dalam kehidupan dengan menciptakan lingkungan yang nyaman. Hampir semua tempat dapat kita lihat masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Tentu dengan lingkungan yang kumuh maka akan membuat suasana yang tidak nyaman.

 Sampah tersebut selain dapat merusak pemandangan juga dapat menyebabkan wabah penyakit. Sehingga kita perlu menyadari pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Maka dari itu penting dilakukan edukasi tentang kebersihan lingkungan kepada semua kalangan masyarakat, terlebih lagi edukasi dilakukan sejak dini agar anak-anak termotivasi untuk meningkatkan kesadaran dan pembiasaan tentang kebersihan lingkungan.

 Dari sekian banyak anak-anak, hanya beberapa yang memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu dirasa penting, memberikan edukasi kebersihan kepada anak. Sejatinya edukasi kebersihan lingkungan kepada anak tidak hanya sekedar meningkatkan kesadaran akan kebersihan saja, tetapi juga berguna membentuk karakter yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri agar dapat terhindar dari berbagai penyakit. Anak yang diajarkan bagaimana menjaga kebersihan lingkungan sejak dini akan terbiasa untuk selalu memperaktikannya sampai mereka Dewasa.

PenerapanMembuangSampah Pada Tempatnya

Baru-baru ini mahasiswa KKNT 2022 IAIN Langsa memberikan edukasi tentang kebersihan lingkungan pada anak-anak di Desa Meurandeh Teungoh. Program edukasi ini dilakukan dengan kegiatan nonton bareng video animasi tentang kebersihan lingkungan, serta memberikan edukasi kepada anak anak bahwa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan hidup dan dampaknya jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan tersebut diadakan di Masjid Nurul Huda Desa Meurandeh Teungoh pada hari minggu 11 Desember 2022.

 Berdasarkan salah satu video animasi yang ditonton berupa kartun Nusa Rara, disebutkan satu Hadits yang berbunyi "Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu." (HR. Tirmizi). Dalam hadits tersebut menerangkan akan pentingnya kebersihan karena Allah itu bersih dan menyukai kebersihan. Juga Rasulullah SAW sangat menganjurkan kepada umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan. Selain itu dalam hadits di atas mengajarkan kita agar senantiasa menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan.

Bermainbersamaanak-anak Desa Meurandeh Teungoh


 Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memotivasi anak-anak akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Maksud dari program ini adalah memberikan edukasi kepada anak-anak di Desa Meurandeh Teungoh untuk dapat meningkatkan kebersihan lingkungan sekitar baik dirumah dan dimanapun ia berada dengan hal yang paling sederhana dengan membuang sampah pada tempatnya. Harapan kami, dapat menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan yang dapat merubah pola pikir mereka sehingga mereka dapat merawat lingkungan dengan baik dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Selain nonton bareng kegiatan ini juga ditambah dengan games seru dan menarik bersama anak anak. Selain dapat menambah kepercayaan diri anak games ini juga menambah kedeakatan dengan anak anak di Desa Meurandeh Teungoh. Karena dengan menciptakan kedekatan dengan mereka dapat dengan mudah mereka memahami dan menerapkan terkait edukasi yang telah diberikan tentang menjaga kebersihan lingkungan.


Penulis : Juwina Syahfitri (1052019012) dan Sakila Safanikah (1052019024) Mahasiswi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FTIK, IAIN Langsa.

DPL : Nengsih, M.Pd.

Penulis blog

Tidak ada komentar