Beranda
ACEH
ACEH TAMIANG
ACEH TIMUR
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
LANGSA
Keindahan Alam Wisata Pemandian DAM Di Desa Tenggulun
Artikel Ditulis Oleh Siti Nurmalinda (KKN DARING Media Sosial) Hukum Tata Negara 

Objek wisata pemandian DAM Sungai Rengas di Dusun Adil Makmur I Desa Tenggulun Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang. Objek wisata DAM rengas merupakan salah satu objek wisata yang indah di Tenggulun dan letaknya yang berada diantara penggunungan leuser yang membentang dari sungai hulu sungai ke hilir sungai yang membuat objek wisata ini semakin indah, dan juga ternyata objek wisata DAM memiliki potensi menarik untuk dinikmati untuk menjadi sebuah lokasi tempat melepaskan kepenatan. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga karena murah meriah dan juga tempat ini cocok untuk bersantai. Lokasi ini akan dibuka menjadi objek wisata secara permanen. pemandian DAM Sungai Rengas yang dimaksud itu memang sudah ada sejak lama menjadi sasaran tujuan masyarakat Tenggulun untuk dijadikan wisata bagi masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang khusus nya untuk warga Tenggulun maupun warga Sumatera Utara. Namun meskipun begitu belum ada pihak masyarakat maupun pemerintah yang memiliki minat untuk mengelola DAM tersebut secara profesional dengan kelengkapan fasilitas sebagaimana layaknya daerah lain.

Objek wisata DAM rengas merupakan objek wisata yang masih asri, kondisi ini bisa kita lihat dari kondisi alamnya yang masih hijau, udaranya masih sangat segar, kondisi air nya terlihat masih bersih, dan juga masih terawatnya lingkungan di objek wisata DAM rangas tersebut. Selain itu objek wisata DAM Rengas menyimpan berbagai potensi, baik dari segi suber daya maupun parawisata.

Dari segi sumber daya, objek wisata DAM rengas memiliki berbagai sumber daya seperti perikanan, sedangkan dari segi pariwisata objek wisata DAM rengas memiliki potensi, seperti olahraga arum Jeram, pendakian, dan sebagai tempat rekreasi.

DAM ini jugak sering di kunjungi oleh para wisatawan namun ,letak Dam yang berada di pedalaman serta kuranga nya penanggang dari pemerintah setempat membuat objek wisata ini kurang di minati oleh para wisata.seharusnya pemerintah setempat lebih memperhatikan serta membangun potensi -potensi yang ada .

Akan tetapi ,tetap saja objek wisata ini tetap yang terindah .karena kondisi alam nya yang masih mempesona serta potensi - potensi nya yang dapat membuat orang akan berdecak kagum ketika berkujung ke wisata DAM tersebut .

Untuk mengunjungi ke wisata dam tersebut kita bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat karena rute menuju Dam tersebut adalah rute jalan umum yang dapat di lalui dalam waktu dua setengah jam dari ibu kota Aceh tamiang yaitu karang baru. Selain itu di sepanjang jalan menuju wisata DAM kita akan di perlihatkan dengan berbagai macam - macam dusun Tenggulun , yang terdiri dari simpang kiri , blok 2, dan dusun suka damai, dusun suka maju, jaman Karo dan rengas, di situlah para wisata yang berkunjung dapat melihat keindahan alam nya .

Namun di era kepemimpinan bapak Nurdin di Dusun Adil Makmur I itu, dia dan ketua pemuda setempat bertekad untuk menghidupkan lokasi itu sebagai tempat wisata pemandian alam yang akan dikemas dengan baik. Namun wacana tersebut akan dimulai pada hari Lebaran Idul Fitri mendatang.

Mulai menjaga parkir kendaraan, serta tim penyelamat tetap siap bersiaga untuk membantu menolong bagi pengunjung yang tenggelam atau yang hanyut.

Phak pemuda juga sudah menyiapkan para laskar penegak Syariat Islam dalam mengantisipasi adanya perbuatan melanggar hukum Islam diseputaran objek pemandian.

Sejak dulu memang selalu diadakan hiburan berupa keyboard disini, tetapi diadakan hanya sesekali saja. Terkadang banyak pengunjung yang merasa kecewa, sudah jauh jauh datang kemari tetapi hanya mandi doang karena tidak ada hiburannya. Disebutkannya, pasca bulan suci Ramadan mendatang, pada setiap hari Minggu para penikmat wisata alam pemandian DAM Sungai Rengas yang berkunjung sudah dapat menyaksikan hiburan organ tunggal (keyboard) sembari bermandi dan duduk santai bersama keluarga dibawah rindangnya pohon maupun dihamparan pantai batu kerikil yang memanjang luas dan keindahan air yang sangat dingin dan jernih .

Dan ketika para pengunjung datang di hari idul Fitri itu biasa nya di kenakan biaya Tiket Masuk per orang nya bisa 2.000 ribu rupiah hingga 1.0000 yang di jaga oleh pemuda" kampung tenggulun dan pemuda" juga meminta uang parkiran biasa nya di kenakan biaya 2.000 ribu perkereta, dan jika pengunjung datang di hari selain hari libur atau pon hari besar seperti hari Minggu biasa nya tidak di Kenakan biaya apapun gratis untuk masuk ke wisata DAM tersebut. Dan disitu jugak terdapat penyewaan ban yang biasa nya satu ban di kenakan 5.000 ribu rupiah per ban nya dan satu ban itu bisa di naiki 4 atau 3 orang nya dan sekali - kali di adakan pesta Pante yang meriah dan tergadang jugak di adakan acara perlombaan bagi pengunjung jugak boleh ikut bermain. 

Tapi tidak setiap bulan nya atau setiap tahun nya di adakan pesta Pante dan perlombaan semenjak tahun 2022 pesta Pante tidak pernah di adakan lagi dan itu tidak menjadi masalah bagi pengunjung walaupun tidak pernah ada lagi pesta Pante tersebut pengunjung bisa mengadakan bakar - bakar dengan keluarga atau membawa bekal nya masing- masing dari rumah dan bisa di makan bersama -sama di wisata DAM bersama keluarga.


Penulis blog

Tidak ada komentar