ARTIKEL PSIKOLOGI

Kenali Dampak Pengangguran Bagi Kesehatan Mental

Walies MH
Januari 11, 2023
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
PSIKOLOGI
Kenali Dampak Pengangguran Bagi Kesehatan Mental

Ditulis Oleh : Muhammad Habiby Mahasiswa Psikologi Islam - FUAD IAIN Langsa

(Janlert & Hammarström, 2009) Menurut model sosiologis klasik tentang teori perampasan ekonomi, orang yang menganggur akan memiliki lebih sedikit uang, dan lebih sedikit uang secara langsung maupun tidak langsung memperburuk prasyarat untuk kesehatan mental yang baik. Studi yang menggunakan model perampasan ekonomi mencakup sebagi.

Dampak Pengangguran Bagi Kesehatan Mental

Dalam urusan mencari kerja, nasib orang bisa berbeda-beda. Ada yang prestasi akademisnya tak seberapa, tapi mudah mendapat pekerjaan. Pun, ada yang prestasinya gemilang tapi sulit cari kerja, ada yang picky, dan sebagainya. Apa pun alasannya, banyak faktor yang memengaruhi.

Menurut tim peneliti dari Universitas Washington and Lee, Amerika Serikat (AS), seseorang yang menganggur selama lebih dari 25 minggu (6 bulan) dalam setahun terakhir berisiko tiga kali lipat mengalami masalah kesehatan mental.

Menganggur dampaknya bisa begitu besar dalam hidup seseorang. Ini dibuktikan lewat studi yang dilakukan oleh Heldrich Center for Workforce Development di Universitas Rutgers, AS. Dikatakan bahwa mereka yang tak punya pekerjaan merasa malu akan status penganggurannya, sehingga mendorong mereka untuk mengisolasi diri dari teman-teman dan keluarga.

Di antara mereka yang sudah menganggur dalam jangka waktu lama, 31 persen dilaporkan menghabiskan waktu 2 jam atau kurang dengan keluarga atau teman-teman pada hari sebelumnya, dibandingkan dengan 21,5 persen pada mereka yang belum lama menganggur.

Dari KlikDokter, psikolog Ikhsan Bela Persada, M.Psi,. mengatakan, faktor utama penyebab gangguan mental pada pengangguran adalah tingkat kepercayaan diri yang menurun.

"Ya, bisa banget (menganggur) memengaruhi kesehatan mental. Mereka yang menganggur itu biasanya kepercayaan dirinya menjadi turun, karena menganggap di usia yang sudah dewasa, bekerja adalah suatu kewajiban," jelas Ikhsan.

"Ketika tidak bekerja atau menganggur lama dan orang-orang lain di sekitarnya sudah bekerja, itu bisa membuatnya tidak percaya diri. Orang yang menganggur kerap merasa dirinya tak mampu memenuhi tanggung jawab sebagai orang dewasa. Apalagi kalau orang tersebut sudah punya tanggungan,” ia melanjutkan.

Masalah lain yang bisa memicu goncangan pada kesehatan mental juga berkaitan dengan pergaulan serta kondisi finansial yang tidak stabil.

Kebijakan Terhadap Pengangguran

Kebijakan Terhadap Pengangguran Untuk menghindari efek pengangguran, pemerintah secara terus menerus mengatasi masalah pengangguran.Sukirno (2006) dalam bukunya menyebutkan ada beberapa tujuan dari kebijakan pemerintah dalam mengatasi penganguran. Tujuan tersebut dibedakan menjadi tujuan bersifat ekonomi dan tujuan bersifat sosial dan politik, tujuan bersifat ekonomi terdiri dari: (1) menyedikan lowongan perkerjaan, (2) Menyedikan tarap kemakmuran masyarakat, (3) memperbaiki pembagian pendapatan. Sedangkan tujuan bersifat sosial dan politik adalah: (1) meningkatkan kemakmuran keluarga dan kesetabilan keluarga, (2) menghindari masalah kejahatan, (3) mewujudkan kestabilan politik.12 Dalam menangani masalah pengangguran, pemerintah dapat menempuh beberapa macam kebijakan sebagai mana telah diungkapkan di landasan teori. Tujuan harus dikombinasikan antara tujuan ekonomi, sosial, dan juga politik agar mencapai sasaran yang telah ditentukan. Berikut disajikan uraian mengenai kebijakan yang secara normative harus dilaksanakan oleh pemerintah, sebagai mana disampaikan oleh Sadono sukirno (2006) sesusai dengan undang-undang nomor 17 tahun 2003 kebijakan makro merupakan wewenang pemerintah dalam hal ini menteri keuangan.

Terjadinya penurunan pemasukan secara drastis yang diakibatkan tidak memiliki pekerjaan sangat wajar membuat cemas. Rasa khawatir yang berlangsung terus-menerus bukan tidak mungkin akan menggoyahkan kesehatan mental.

Meskipun demikian, jangan sampai perasaan itu berlarut-larut agar kesehatan mental tidak terganggu. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengantisipasi dampak pengangguran bagi kondisi psikis ialah menerima kenyataan Selain itu. Anda bisa merencanakan finansial saat ini atau dana darurat, mengasah skill serta memperbarui resume dan tidak pantang menyerah dalam mencari lowongan .

Penulis blog

Tidak ada komentar