ARTIKEL ENERGI TERBARUKAN

Keunggulan Utama Sumber Energi Terbarukan Adalah

Walies MH
Desember 25, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
ENERGI TERBARUKAN
Keunggulan Utama Sumber Energi Terbarukan Adalah

keunggulan utama sumber energi terbarukan adalah

Kebersihan  salah satu keunggulan utama sumber energi terbarukan.

Karena tidak diperlukan penambangan atau ekstraksi, tidak ada sumber daya alam yang dirugikan atau dihancurkan dalam proses menghasilkan energi ini.

Selain itu, karena tidak ada polusi dari pembakaran bahan bakar atau dari produksi listrik dengan batu bara atau gas alam, lingkungan juga terhindar dari bahaya.

Karena tidak ada emisi yang terkait dengan penggunaan tenaga surya, pembangkit yang menggunakan bentuk energi ini juga aman bagi orang yang bekerja di sekitarnya.

Faktanya, banyak negara telah mengeluarkan undang-undang yang melindungi orang yang bekerja di bidang yang terkait dengan sumber energi terbarukan. Terakhir, sumber energi terbarukan juga berkelanjutan secara ekonomi dibandingkan dengan sumber daya tak terbarukan.

Karena tidak perlu investasi konstan dalam teknologi baru, bahan bakar fosil dapat bertahan untuk waktu yang sangat lama tanpa degradasi atau penipisan.

Turbin angin dan panel fotovoltaik dapat digunakan berulang kali tanpa kehilangan efisiensi; faktanya, perkembangan teknologi yang berkelanjutan membuat teknologi ini semakin efisien setiap tahunnya.

Hal ini memungkinkan untuk menghasilkan lebih banyak bentuk energi terbarukan setiap tahunnya - pada akhirnya menjadikan dunia kita tempat yang lebih hijau seiring kemajuan teknologi seiring dengan pertumbuhan ekonomi.  Dengan jelas menunjukkan kualitas ini membuat penggunaan bentuk energi terbarukan menjadi ideal bukan hanya untuk planet kita tetapi juga untuk kehidupan manusia di bumi.

Karena praktis tidak habis-habisnya dan praktis bersih, ia juga berkelanjutan secara ekonomi dan hampir tidak ada habisnya dalam potensi pasokannya.

Karena para ilmuwan terus menemukan penggunaan baru untuk tenaga surya dan bentuk energi terbarukan lainnya, itu akan menjadi lebih ideal karena menjadi lebih populer di kalangan konsumen di seluruh dunia. Keuntungan utama energi terbarukan berasal dari sifatnya yang tidak habis-habisnya, kebersihannya, dan keberlanjutan ekonominya.

Semua karakteristik ini menjadikan energi terbarukan sebagai alternatif yang sempurna untuk sumber daya energi tak terbarukan.

Berdasarkan hukum fisika, energi dapat diubah menjadi berbagai bentuk, seperti panas dan gerak.

Semua energi di dunia berasal dari matahari - baik sinar matahari langsung maupun tidak langsung - dan semua energi di bumi berasal dari matahari.

Tenaga surya adalah sumber energi terbarukan; semua daya yang dihasilkan dapat diubah kembali menjadi lebih banyak tenaga surya.

Saat menggunakan tenaga surya, penting untuk menggunakan bahan yang bersih dan berkelanjutan yang aman bagi manusia dan lingkungan. Pertama, energi terbarukan tidak akan habis; karakteristik ini menjadikannya sumber daya yang ideal.

Tidak seperti sumber daya energi tak terbarukan seperti bahan bakar fosil, yang habis, tenaga surya tak terbatas dapat dihasilkan 24\\/7 tanpa batas.

Selanjutnya, daya tak terbatas ini dapat digunakan dalam berbagai cara seperti memanaskan air atau menghasilkan listrik.

Matahari terus-menerus menghasilkan tenaga surya - baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sinar matahari langsung diubah menjadi bentuk energi matahari yang dapat digunakan oleh sel fotovoltaik.

Selain mengubah sinar matahari menjadi energi, sel fotovolar juga digunakan untuk menciptakan cahaya di area gelap; mereka disebut sumber cahaya.

Sinar matahari tidak langsung juga diubah menjadi bentuk energi matahari yang dapat digunakan melalui sel fotovoltaik.

Penulis blog

Tidak ada komentar