Beranda
ARTIKEL
CARA MENULIS CERPEN
Langkah Menulis Cerpen Untuk Pemula

Ketika kita menulis cerita, kita harus mempertimbangkan minat dan kemampuan pembaca.

Beberapa orang dapat dengan mudah menulis cerita, sementara yang lain merasa sulit.

Oleh karena itu, saat mengajari seseorang menulis cerita, Kalian harus mempertimbangkan pokok bahasan dan panjang cerita.

Mempertimbangkan semua faktor ini dapat membuat cerita Kalian lebih menarik dan mudah dibaca. Saat mengajar pemula untuk menulis cerita pendek, Kalian harus mulai dengan topik mudah yang memerlukan sedikit imajinasi.

Kalian dapat melakukannya dengan menulis cerita pendek berdasarkan peristiwa yang terjadi pada Kalian atau teman Kalian.

Atau Kalian bisa menulis tentang peristiwa yang menimpa orang-orang terkenal dalam sejarah.

Misalnya, Kalian dapat menulis tentang George Washington yang menyeberangi Sungai Delaware atau Thomas Jefferson yang menyusun Deklarasi Kemerdekaan.

Either way, ini adalah mata pelajaran mudah yang dapat dihubungkan dengan siapa pun.

Setelah menulis cerita-cerita ini, berlatihlah menceritakannya kembali agar keterampilan Kalian meningkat. Selanjutnya, ketika mengajar pemula untuk menulis cerita pendek, Kalian harus menasihati mereka tentang panjang cerita mereka.

Sebagian besar cerita anak-anak terdiri dari dua hingga lima halaman- tetapi beberapa orang dewasa menulis cerita dengan sepuluh halaman atau lebih.

Saat menasihati siswa Kalian tentang panjang cerita mereka, fokuslah pada tempo dan struktur serta imajinasi dan kreativitas.

Beri tahu siswa Kalian bahwa mereka perlu fokus pada semua aspek saat menulis cerita mereka.

Pada saat yang sama, tunjukkan kepada mereka cara meningkatkan keterampilan menulis mereka dengan menceritakan kembali contoh Kalian sebelumnya. Jika Kalian ingin mengajari anak cara menulis cerita, mulailah dengan menulis cerita pendek sendiri.

Anak-anak akan senang membaca cerita Kalian dan akan terinspirasi untuk mencoba menulisnya sendiri.

Setelah menulis sendiri beberapa cerita pendek, fokuslah untuk menginspirasi teman dan keluarga Kalian untuk menulis cerita mereka sendiri dengan menceritakan pengalaman Kalian kepada mereka.

Melakukan hal ini akan menginspirasi mereka untuk membuat acara baru dalam hidup Kalian yang dapat menjadi dasar cerita mereka.

Seiring waktu - melalui inspirasi dan kerja keras - teman dan keluarga Kalian akan meningkatkan keterampilan menulis mereka dan dapat mengirimkan karya mereka untuk dipublikasikan.

Ini adalah cara yang bagus untuk belajar dari orang lain sambil mengembangkan kreativitas seseorang! Mengajar orang untuk menulis adalah cara terbaik untuk mengembangkan kreativitas atau pendidikan seseorang.

Orang yang menulis merasa lebih mudah untuk mengekspresikan diri atau belajar dari pengalaman penulis.

Selain itu, menulis membantu Kalian membangun perpustakaan karya yang nantinya dapat Kalian rujuk untuk puisi atau kreasi sastra.

Oleh karena itu, jika Kalian memiliki waktu luang - betapapun singkatnya - gunakanlah untuk menulis!

Penulis blog

Tidak ada komentar