ACEH ARTIKEL BERITA DAERAH

MAHASISWA KKN IAIN LANGSA BERBAGI BERSAMA WARGA YANG TERDAMPAK BANJIR DI DESA PONDOK PABRIK KEBUN LAMA

Walies MH
Desember 20, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
MAHASISWA KKN IAIN LANGSA BERBAGI BERSAMA WARGA YANG TERDAMPAK BANJIR DI DESA PONDOK PABRIK KEBUN LAMA

DItulis Oleh Muhammad Lifal, Rizky Sandani, Risya Amara (Mahasiswa KKN IAIN Langsa), dan Dr. Maulizar, M.TH (Dosen Pembimbing Lapangan)


(Langsa). Mahasiswa KKN IAIN Langsa melakukan KKN di Kampung Pondok Pabrik untuk menmbantu masyarakat yang ada di lokasi kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Mahasiswa KKN Gelombang Pertama melaksanakan KKN untuk membantu warga sekitar kampung Pondok Pabrik.

Indonesia termasuk dalam wilayah beriklim tropis hingga memiliki curah hujan tahuna dengan intensitas yang tinggi. Jika curah hujan tinggi dan tidak di imbangi dengan daya serap tanah yang cukup, maka akan terjadi bencana banjir. Banjir merupakan persitiwa atau keadaan terendamnya suatu daerah atau daratan karena volume air yang meningkat. Kota Langsa termasuk dalam salah satu kota yang sering terendam banjir karena curah hujan yang cukup tinggi

Banjir yang terjadi di kota ini tidak hanya di pondok pabrik saja tetapi ada di beberapa tempat seperti Kampung Lengkong, Kampung Karang Anyar, dan daerah Lapangan Merdeka. Banjir ini disebabkan karena kondisi drainase yang buruk, pembuangan smapah di sungai, hingga akibat rob. Pondok kampung pabrik menjadi salah satu wilayah yang terendam banjir ketika hujan deras. Berdasarkan penuturuan warga sekitar, banjir nyang terjadi di wilayah ini  diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi. Kondisi salauran air yang tidak mampu mengalirkan air dengan baik dmengkibatkan air meluap ke jalan hingga ke pemkuekimah penduduk

Banjir menjadi keresahan bagi warga di karenakan warga setempat ada yang rumahnya berada d bawah jalan, banyak warga juga yang belum menyadarkan bahwa banjir tidak hanya disebabkan karena peristiwa alam. Banjir juga bisa terjadi karena kelalaian manusia sendiri. Dengan cara menyadarkan masyarakat bahwa tidak semua terjadi karena peristiwa alam dan bisa terjadi karena manusia adalah cara yang efektif karena sekaligus bisa menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika menjaga lingkungan, tidak hanya menghindari dari banjir tetapi bisa menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar. Kesadaran tersebut yang hatrus ditumbuhkan kepada masyarakat.

Program kerja yang dilakukan ini Mencakup pembagiam sembako yang akan dibagikan langusng kepada warga yang terdampak banjir di Kampung Pondok Pabrik. Pada hari senin tepatnya tanggal 19 Desmber 2022 Hari senin, terjadi hujan yang tidak kunjung berhenti hingga menjadi penyebab banjir. Terdapat beberapa fakor yang mengakibatkan tempat-tempatm tersebut terendam banjir di antaranya syaitu, membuang sampah sembarangan dan juga desa tanahnhya yang lebih tinggi.

Dari salah seorang warga yang melaporkan mereka mengatakan air mulai datang dari pukul 02.00 WIB setelah hujan yang sangat lebat, dan bagian ruimah yang bertempat di sekitaran pinggir sungai adalah tempat yang paling sering terdampak banjir. Menurut data Kampung Pondok Pabrik Kebon Lama ada sekitar 20 rumah yang ada disekitar pinggir sungai.

Kami juga melakukan gotong royong pasca banjir seperti membersihkan parit dan pinggiran sungai yang bertumpuk sampah untuk mengurangi penyumbatan saluran air, dan agar lebih terhindar dari banyaknya nyamuk.

Para perangkat desa dan mahasiswa KKN yang mendengar hal tersebut langsung terjun untuk melihat kondisi sekitar dusun yang terkena banjir. Pada keesokan harunya tepat pada tanggal 19 Desember 2022 sekitar 14.00 WIB mahasiswa KKN dan perangkat desa mempersiapkan semua keperluan yang akan di berikan kepada masyarakat terutama masyarakat yang terkena dampak banjir, bantuan tersebut tersebut berupa sembako yang dibagikan di 2 titik.

“kegiatan (pembagian sembako) ini bagus, dalam arti kepedulian kepada warga. Program pembagian sembako ini bagus, karena tim KKN IAIN Langsa Kanpung Pondok Pabrik bukan hanya sekedar menjalankan program taqpi juga peduli dengan warga sekitar tempat KKN tersebut. Termasuk warga yang terkena bencana. Kehiatan mahasiswa KKN IAIN Langsa ini sangat positif karena sudah ada niatan dan usaha untuk membangun warga sekitar.” Ujar bapak Mukhlis selaku Kepala Lorong Nuri 1

Dalam waktu yang sama Kepala Lorong Nuri 2 Bapak Zulkarnain mengatakan, “bahwa kegiagtan ini adalah bentuk kepedulian kampus kepada masyarakat melalui KKN ini sebagai bentuk pengabdian insan akdemis kepada masyarakat” Ucap Zulkarnain.

“semoga bantuan sembako ini dapat bermanfaat dan membantu bagi masyarakat yang terdampak banjir maupun warga yang kurang mampu walaupun tidak seberapa kami harap in ibisa sangat membantu” ujar salah satu Mahasiswa KKN.

Pembagian tersebut di lakukan oleh mahasiswa KKN, warga sekitar yang terkena dampak banjir mengetahui adanya bantuan social merasa senang atas kepedulian mahasiswa dan perangkat desa terhadap masyarakat yang terdampak banjir.

Harapan kami hadirnya mahasiswa KKN untuk desa pondok pabrik ini dapat membantu warga sekitar yang terkena dampak banjir ini, kami sangat berterima kasi kepada seluruh perangkat desa dan seluruh warga Kampung Pondok Pabrik yang sudah menerima kami dengan baik untuk KKN di Kampung Pondok Pabrik.

Penulis blog

Tidak ada komentar