ACEH TAMIANG ARTIKEL PENDIDIKAN

Mahasiswa KKNT-KS IAIN Langsa Lakukan KKN Mengajar Di TK Kasih Bunda Desa Sidodadi Kabupaten Aceh Tamiang

Bintang Kecil
Desember 20, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH TAMIANG
ARTIKEL
PENDIDIKAN
Mahasiswa KKNT-KS IAIN Langsa Lakukan KKN Mengajar Di TK Kasih Bunda Desa Sidodadi Kabupaten Aceh Tamiang


             Mahasiswa KKNT-KS IAIN Langsa melakukan program mengajar di TK Kasih Bunda sebagai sarana ilmu antara mahasiswa dan juga guru serta sebagai sarana untuk mengenal  lingkungan sekolah di desa Sidodadi. Taman Kanak-kanak (TK) adalah jenjang pendidikan anak usia dini dalam bentuk pendidikan formal yang bersedia untuk anak berumur 6 tahun kebawah. Usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang di tunjukkan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang di berikan dengan cara memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.Sebagai salah satu pendidikan anak usia dini , terdapat taman kanak-kanak yang salah satunya TK Kasih Bunda tepatnya di perumakan PMKS PT Sisirau yang berada di desa Sidodadi Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang.
            
            Ada sekitar 20 siswa di taman kanak-kanak, tiga guru dan kepala sekolah. Waktu belajar hanya dua jam yaitu mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB. Belajar di TK dilakukan pada hari senin sampai dengan sabtu. Untuk pembelajaran yang di ajarkan pada anak-anak adalah menulis, membaca, berhitung, mewarnai, olah raga dan berbagai macam hal-hal di lingkungan sekitar serta memberi edukasi terhadap minat dan bakat dari setiap anak.

            Banyak sekali kelakukan anak-anak baik yang periang maupun pendiam yang membuat mahasiswi KKN merasa senang dan gemas saat mengajar. Selain belajar anak-anak senang berlarian hingga jahil mengganggu teman yang lain. Beberapa anak di antara nya sudah soal huruf dan angka.

Taman Kanak-kanak (TK) merupakan anak-anak yang memasuki pada masa ke emasan atau golden age, masa ini anak-nak mengalami pertumbuhan otak yang sangat pesat. Karena anak pada usia TK akan menyerap informasi lebih cepat, guru menerapkan sebelum belajar siswa berdoa bersama-sama ter;lebih dahulu dan membaca doa sehari-hari mupun hadist. Selain itu, anak-anak juga diajarkan bagaimana cara menghormati orang yang lebih tua, menghargai serta menyayanginya.

            Mahasiswi KKN IAIN Langsa melakukan kegiatan yang dilakukan pukul 09.00 WIB pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas masih berlangsung. Kegiatan diawali dengan menyapa dengan mengajak perkenalan satu persatu mahasiswi KKN dan juga anak-anak di TK Kasih Bunda, mereka pun menerima kedatangan kami dengan baik. Setelah itu anak-anak berdoa bersama sebelum memulai pembelajaran mereka sangat berantusias sebagaimana anak-anak pada usia mereka yang memiliki semangat yang besar. Kemudian di lanjutkan mengajarkan cara bekerja sama yang baik dengan cara bermain sambil mewarnai bersama. Mewarnai adalah keterampilan yang di sukai anak-anak. Setiap anak memiliki map yang berisi buku-buku dari masing-masing anak baik itu buku tulis maupun buku gambar mewarnai.

Setelah itu sebelum waktu belajar selesai, anak-anak membaca hafalan doa-doa keseharian hingga waktu belajar pun selesai. Beberapa menit sebelum waktu belajar selesai terdapat beberapa orang tua siswa yang menunggu di luar untuk menjemput sambil memantau anak-anak mereka saat belajar di kelas.

            Kegiatan belajar mengajar Mahasiswi KKN tidak terlepas dari arahan guru-guru di TK Kasih Bunda. Para guru-guru membantu mahasiswi KKN dan mengarahkan anak-anak agar dapat fokus dan tenang saat mendapat materi pada saat belajar mengajar berlangsung. Masa kanak-kanak ini merupakan masa dimana anak-anak mengalami pertumbuhan otak yang sanagat pesat.

Menyekolahkan anak-anak di bangku TK agar anak-anak belajar komunikasi dengan teman maupun guru atau orang sekitar lingkungan sekolah. Oleh sebab itu harus di dampingi oleh tenaga pendidik yang baik yang mampu menyampaikan informasi berkualitas yaitu dengan cara menyampauikan informasi yang dengan mudah dan dapat di pahami oleh anak-anak  dan tepat di serap oleh anak-anak.

Mahasiswi KKNT-KS IAIN Langsa mendapat sambutan baik dari guru dan siswa dilihat dari respon yang sangat aktif yang mereka berikan. Selain itu guru juga mengapresiasi kegiatan mengajar mahasiswi KKN di TK Kasih Bunda. Kegiatan ini memberikan pengalaman baru bagi mahasiwa KKN, selain senang bisa terlibat dalam proses belajar mengajar juga menjadikan anak-anak lebih riang dengan kehadiran mahasiswa KKN, berbaur serta dapat bermain bersama ikut serta dalam setiap kegiatan anak-anak di TK Kasih Bunda. Selain itu membuat semakin dekatnya mahasiswa KKN dengan anak-anak TK Kasih Bunda dan mahasiswa juga mendapatkan pengalaman langsung di lingkungan yang pasti akan di alami mahasiswa pendidikan sebagai calon pendidik di masa depan.

Penulis : Feby Agustina (1032019012) dan Rukmawati (1032019017) Mahasiswi Pendidikan matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Langsa

Penulis blog

Tidak ada komentar