ACEH ARTIKEL BERITA DAERAH LANGSA

Manfaat Yang Terkandung Di Dalam Tempe Membuat Usaha Rumahan Di Gampong Seulalah Baru Makin Berkembang

Walies MH
Desember 19, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
LANGSA
Manfaat Yang Terkandung Di Dalam Tempe Membuat Usaha Rumahan Di Gampong Seulalah Baru Makin Berkembang

Artikel ditulis oleh : Patricia Fingkan Mahasiswi KKN-T Kerja Sosial Prodi Manajemen Keuangan Syariah IAIN Langsa

Di Seulalah, sudah tidak asing dengan tempe. Banyak ditemukan pabrik tempe rumahan, dan warung gorengan. Konsumen yang berdatangan juga berbagai jenis dan kalangan. Di pabrik tempe, konsumennya merupakan masyarakat desa Seulalah, luar desa, hingga luar kota. Tempe dijajal dipabrik yang nantinya konsumen sendiri yang akan membeli hingga dibawa keliling desa Seulalah.

Seulalah banyak ditemukan tempe yang dibungkus menggunakan daun, masyarakat menyebutnya dengan tempe daun. Mereka sudah terbiasa dengan adanya tempe daun, dimanapun ada tempe daun disekitar desa Seulalah. Pagi-pagi sekali, ada penjual menaiki sepeda untuk menjajal tempe dan pembeli yang berdatangan ke pabrik tempe untuk membelinya. Menurut sepengetahuan saya, warga desa sering mendatangi pabrik rumahan tersebut pada pagi hingga sore hari.

Tempe yang dibuat masih sangat tradisional, masih digiling menggunakan tangan dan menggunakan kayu bakar untuk menghasilkan kacang kedelai siap produksi sebagai tempe yang renyah. Tempe yang sudah direbus bisa diberikan ragi dan tepung, ragi untuk memproduksi tempe adalah ragi khusus tempe. Kemudian, kacang kedelai dimasukkan  ke dalam baskom dan dibungkus menggunakan daun kertas. Ragi tempe dipergunakan untuk pembuatan tempe yang mengandung jamur tempe. Secara tradisional, biasanya diambil dari daun pisang bekas pembungkus tempe pada waktu pembuatan. Ragi juga dapat ditemukan dipasaran yang dapat diperjualbelikan.

Tempe adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai dan campuran ragi. Didalam proses pembuatan tempe, aktivitas awal yang harus dilakukan yaitu meyortir kacang kedelai, kemudian kacang direbus setengah matang lalu direndam dalam air bersih selama kurang lebih 12 jam (semalaman). Setelah perendaman, kacang kedelai kembali dibersihkan lalu direbus hingga benar-benar matang. Langkah selanjutnya setelah kacang dibiarkan hingga dingin lalu ditambahkan ragi. Kemudian kacang kedelai yang telah dicampur ragi, dibungkus dengan daun pisang dan kertas. Setelah itu dibiarkan selama satu malam agar proses fermentasi berjalan dengan sempurna. 

Kota Langsa diwilayah Kecamatan Langsa Lama tepatnya di Jalan Hamzah Fanzuri Gg. Gelatik Dusun Mawar 1 Gampong Seulalah Atas merupakan salah satu tempat produksi jenis makanan yang sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun luar. Biasanya usaha tempe sering dikenal dengan sebutan “Tempe Seulalah”, dikarenakan usaha tempe ini terletak di Gampong Seulalah.

Tempe Seulalah merupakan produksi usaha mandiri milik Ibu Zainah. Beliau berumur 42 tahun. Usaha tempe Seulalah ini sudah berdiri pada tahun 2014. Tempe Seulalah merupakan hasil olahan dari fermentasi ragi. Tempe termasuk jenis makanan yang mengandung gizi karena terbuat dari kacang kedelai yang dipercaya ahli memiliki kadar protein yang tinggi. 

Banyak penikmat tempe mulai dari kalangan anak- anak, remaja, hingga orang dewasa. Begitu pula dengan ibu rumah tangga sering menggunakan tempe sebagai menu lauk pada makanan. Sampai saat ini Tempe Seulalah sangat dikenal keberadaanya dikarenakan kualitas cita rasa yang terus terjaga. Dengan demikian banyaknya pula warung sekitar menjadi konsumen tetap. Salah satunya warung makan Rajanya Tempe, yang mana warung tersebut mengambil tempe mentah di usaha milik Ibu Zainah. 


Penulis blog

Tidak ada komentar