ARTIKEL CERITA DAERAH PAI

Membentuk Generasi Muda Yang Berakhlakul Karimah Melalui Pengajian Desa Gampong Blang, Langsa

Bintang Kecil
Januari 11, 2023
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
CERITA
DAERAH
PAI
Membentuk Generasi Muda Yang Berakhlakul Karimah Melalui Pengajian Desa Gampong Blang, Langsa


 

Desa Gampong Blang merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Langsa Kota. Di desa ini pula terdapat kehidupan pola kehidupan masyarakat yang baik dan tentram. Banyak sekali hal-hal menarik yang ada didalamnya, baik dari segi sosial maupun internalnya.

Pada kesempatan kali ini, saya berinisiatif untuk ikut serta dalam melaksanakan kegiatan pengajian yang biasanya diadakan oleh masyarakat sekitar yang dituju kepada anak-anak mereka guna menciptakan atau membentuk anak-anak yang berakhlaq dan berilmu guna membentuk generasi yang lebih berkualitas di masa mendatang.

Sebelum memulai pengajian, saya datang ke Mushola yang terdapat di Gampong Blang tersebut untuk mensurvei lokasi yang nantinya akan saya gunakan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pengajian. Saya melihat beberapa perlengkapan ibadah yang kurang rapi dan tidak diletakkan pada tempatnya, beberapa sudut lantai yang tampak sedikit berdebu, serta lemari kaca yang bertatakan Al- Qur’an dan buku buku islami yang kurang tersusun dengan rapi.

Hal yang saya lakukan adalah merapikannya, sekaligus menyiapkan tempat untuk melaksanakan pengajian. Kegiatan pengajian juga sudah ditetapkan yaitu ba’da Asar, benar saja setelah shalat asar dimushola tersebut saya melihat beberapa anak-anak dengan ceria dan penuh semangat berlari kearah mushola untuk mengikuti pengajian ini.

Saya pun memulai mengajarkan beberapa hal dasar yang harus mereka ketahui Ketika hendak membaca Al- Qur’an, seperti pentingnya mengetahui huruf-huruf hijaiyah, pentingnya mempelajari ilmu tajwid, adab-adab ketika membaca Al- Qur’an serta membahas tentang shalat dan pentingnya melaksanakan shalat.

Setelah pengajian selesai, anak-anak pun berpamitan dengan tertib. Ada salah satu orang tua anak yang menemui saya dan mengucapkan terimakasih karena telah mengadakan pengajian tersebut, dan beliau berharap kegiatan ini bisa tetap berjalan sesuai dengan harapan orang tua lainnya.

Setelah saya fahami, masyarakat Gampong Blang menyambut hangat dan positif kegiatan pengajian ini, dan mereka bangga karena kegiatan ini ada ditengah tengah kehidupan mereka.

Penulis : Ayunda Mulia Sari (1012019082) Mahasiswi KKN-DR Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Langsa

Penulis blog

Tidak ada komentar