ACEH ARTIKEL BERITA DAERAH

Mengadakan kegiatan bimbingan belajar di luar Sekolah

Walies MH
Desember 20, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
Mengadakan kegiatan bimbingan belajar di luar Sekolah

Artikel disusun oleh : Sukmawati BR Sembiring Mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah KKNT KS ( Kerja Sosial )

Pendidikan berasal dari kata “Didik” yang mendapat awalan “Pen” dan akhiran “an”. Kata tersebut sebagaimana dijelaskan dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah “perbuatan (hal cara dan sebagainya) mendidik.”[2] Menurut Segarda Poerbakawatja, pendidikan adalah “Suatu usaha manusia untuk membawa si anak yang belum dewasa ke tingkat kedewasaan dalam arti sadar dan mampu memikul tanggung jawab atas segala perbuatannya secara moril. Pendidikan menurut Soegarda Poerbakawatja ialah semua perbuatan atau usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuannya, pengalamannya, kecakapannya, dan ketrampilannya kepada generasi muda. Sebagai usaha menyiapkan agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmani maupun rohani.[4] Menurut H. M Arifin, pendidikan adalah usaha orang dewasa secara sadar untuk membimbing dan mengembangkan kepribadian serta kemampuan dasar anak didik baik dalam bentuk pendidikan formal maupun non formal.[5] Adapun menurut Ahmad D. Marimba adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.[6] Menurut Achmadi mendefinisikan pendidikan Islam adalah segala usaha untuk memelihara dan mengembangkan fitrah manusia serta sumber daya insan yang berada pada subjek didik menuju terbentuknya manusia seutuhnya (insan kamil) sesuai dengan norma Islam atau dengan istilah lain yaitu terbentuknya kepribadian muslim.

Pendidikan zaman sekarang di Dunia Pendidikan ini diwarnai dengan pengaruh globalisasi. Pendidikan kehilangan maknanya sebagai sarana pembelajaran. Kemudian mucul sebuah ide yaitu membuka bimbel, yaitu pendidikan yang di lakukan di luar sekolah. Dengan adanya bimbel anak-anak bisa mengulang pelajaran yang disekolah ataupun melanjutkan pelajaran tersebut. Agar anak-anak mudah mengingat kembali pembelajaran.



Berikut ini adalah tujuan dari mengikuti Bimbel:

1. Agar siswa mendapatkan pelajaran mengenai kebiasaan belajar yang baik dan efisien. Di lembaga belajar anak akan mendapatkan kebiasaan untuk membaca buku, disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas dan lebih berkonestrasi pada apa yang sedang diterangkan oleh mentor/guru.

2.Memiliki kebiasaan belajar yang tinggi.

3.Anak dituntut untuk memahami teknik belajar yang efektif untuk dirinya sehingga proses belajar akan lebih efisien dan tidak membosankan.

4.Membuat anak menjadi memiliki keterampilan untuk merencanakan alur pendidikan yang akan ditempuhnya.

5.Membuat anak menjadi lebih disiplin dalam mengikuti jadwal.

6.Mendapatkan mental yang siap untuk melalui ujian dengan hasil yang optimal.

7.Membangun rasa tanggung jawab anak terhadap dirinya sendiri.

8.Mengembangkan potensi anak yang selama ini mungkin tidak terlihat oleh orang tua.

 Nahh, jadi ini salah satu bimbel yang dilakukan di luar sekolah. Disini kita bisa belajar semua pelajaran ataupun diluar pelajaran dari sekolah. Jadi bimbel ini dilakukan di salah satu kampung yaitu Desa Pondok Kemuning. Disini dilihat banyak anak-anak yang minat mengikuti bimbel yang dilakukan di sebuah tempat atau rumah yang menyediakan fasilitas untuk bimbel tersebut. Dengan adanya bimbel ini membuat minat belajar anak-anak di daerah tersebut menjadi lebih semangat untuk kedepannya lagi.

Nah dari situ kita mengadakan bimbel dijam luar sekolah. Supaya anak-anak bisa memahami atau mengulang kembali pelajaran yang di ulang kembali pada saat di sekolah. Nah di sini kita menyediakan berbagai fasilitas dan layanan sehingga membuat siswa merasa betah dan kembali untuk berlangganan di tahun ajaran berikutnya. Selain menyediakan pembelajaran sebagai layanan utama sebuah bimbel biasanya menyediakan fasilitas dan layanan tambahan sebagai nilai tambah bimbel tersebut. Bahkan hal ini menjadikan sebuah bimbel berbeda dari bimbel lainnya. Sebuah bimbel bahkan memiliki sistem pemberitahuan kehadiran siswa melalui SMS yang dikirim langsung untuk orang tua. Peningkatan layanan dan fasilitas dilakukan oleh lembaga bimbingan belajar agar siswanya betah dan terus berlangganan serta menarik siswa baru untuk bergabung.jadi fasilitas yang dibutuhkan untu bimbel yaitu:

1.Ruang kelas dan pembelajaran

Setiap siswa secara defauit akan mendapatkan ruangan kelas tempat dilaksankannya pembealajaran begitu pun dengan pembelajaran. Siswa akan mendapatkan jadwal belajar secara teratur dan disediakan pengajar yang sesuai kualifikasi mata pelajaran yang diajarkan banyak siswa dalam sebuah ruangan kelas disesuaikan dengan paket yang diambil pada saat pendaftaaran.

2.Sumber belajar

Setiap bimbel biasanya menyediakan sendiri buku sebagai sumber belajar siswanya.isi dari buku sumber meliputi materi singkat dan latihan soal buku ini selalu digunakan setiap ada jadwal pembelajaran walaupun kadang sesakali menggunakan buku sumber yang lain yang relevan.

3.Kaos kaki

Walaupun tidak semua bimbingan belajar memberikan fasilitas ini, tapi dua hal ini biasanya menjadi fasilitas yang lumayan. Siswa bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. salah satunya untuk digunakan selama belajar ditempat bimbel.

4.Belajar tambahan dan pemantapan

5.Intensif persiapan seleksi masuk perguruan tinggi

6.Outbound dan training motivasi


Penulis blog

Tidak ada komentar