Beranda
ACEH TAMIANG
ARTIKEL
CERITA
DAERAH
Menilik Kehidupan Masyarakat Desa Sidodadi Aceh Tamiang

         Sidodadi merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang. Desa Sidodadi sangat strategis dengan tempat-tempat umum seperti puskesmas, sekolah Negeri maupun Swasta, tempat belajar non formal, pasar dan masih banyak lagi yang dapat dijangkau masyarakat.

Kampung Desa Sidodadi adalah salah satu Kampung yang berada di wilayah Kecamatan Kejuruan Muda. Berdirinya Kampung Sidodadi  tidak dapat diketahui secara pasti karena tidak adanya  bukti peninggalan sejarah yang bisa digunakan sebagai petunjuk untuk mengetahui sejarah Kampung ini, kami hanya dapat menggunakan analisa dan beberapa peristiwa dan menghubungkan dengan informasi dari para tokoh masyarakat Kampung.

Menurut beberapa Tokoh Masyarakat, sebelum terbentuknya Kampung Sidodadi, dahulunya masih di huni oleh sedikit Kepala Keluarga selebihnya lahan kampung masih di kelilingi oleh Hutan dan belum memiliki nama kampung yang jelas sebagai indentitas kampung pada waktu itu. Atas inisiatif para tokoh masyarakat dan Datok Penghulu pada masa itu, di adakanlah rapat. Dan akhirnya menemukan sebuah nama yakni Desa Sidodadi . Dengan harapan para tokoh masyarakat pada waktu itu agar kampung ini bisa berseri dan berjaya di masa yang akan datang. Hingga sekarang Kampung ini dikenal dengan nama Sidodadi .

Letak Desa Sidodadi dapat dikatakan sebagai lokasi yang sangat strategis, karena mudahnya akses ke berbagai tempat. Hal ini dapat dilihat dari tabel berikut :

No

Uraian

Satuan

Keterangan

I

Orbitasi Umum

1

Jarak ke ibu kota provinsi

471

Km

-

2

Jarak ke ibu kota kabupaten

3,5

Km

-

3

Jarak ke ibu kota kecamatan

0,15

Km

-

II

Orbitasi Khusus

1

Jarak ke laut

25

Km

-

2

Jarak ke sungai

0,05

Km

-

3

Jarak ke pasar

0,04

Km

-

4

Jarak ke pelabuhan

0,08

Km

-

5

Jarak ke bandar udara

475

Km

-

6

Jarak ke terminal

0,4

Km

-

8

Jarak ke kantor polisi/militer

0,41

Km

-

9

Jarak ke tempat wisata

56

Km

-

10

Jarak ke tempat hiburan

4

Km

-


            Mata pencarian masyarakat di desa Sidodadi mayoritas mereka bekerja sebagai karyawan di Pabrik Kelapa Sawit PT Sisirau. PT. Sisirau merupakan salah satu badan usaha swasta yang bergerak dibidang usaha pengolahan kelapa sawit. PT Sisirau didirikan pada tanggal 23 Juli 1997 yang di pimpin oleh Joefly J. Bahroeny sebagai direktur perusahaan. Jam operasional PT. Sisirau dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00 pada hari senin-sabtu. Pada hari minggu para karyawan libur bekerja.


Perusahaan menyediakan beberapa fasilitas salah satunya yaitu perumahan lengkap dengan air dan listrik secara gratis untuk para karyawan yang berada disekitar kawasan industrinya. Penyediaan rumah bagi karyawan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para karyawan yang juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan. Tak hanya rumah perusahaan juga menyediakan mesjid untuk tempat beribadah para karyawan. Sehingga karyawan tidak lupa mengerjakan kewajibannya sebagai umat muslim. Perusahaan juga menyediakan klinik kesehatan untuk para karyawan, dengan adanya klink kesehatan ini berfungsi sebagai pemantau kesehatan para karyawan perusahannya. Tak hanya itu perusahaan juga sangat memperhatikan masalah pendidikan anak para karyawan untuk itu perusahaan menyediakan TK dan TPA. TK dan TPA juga berlokasi disekitar kawasan perumahan. Dengan adanya beberapa fasilitas yang disediakan oleh perusahaan untuk itu diharapkan adanya peningkatan kesejahteraan karyawan sehingga para karyawan juga dapat bekerja dengan baik yang bertujuan untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan PT Sisirau.

Kehidupan antar tetangga di dalam perumahan juga dapat dikatakan berjalan dengan baik. Hubungan antar tetangga terjalin dengan baik hal ini dapat kita lihat dari kegiatan – kegiatan yang diadakan mulai dari pengajian rutin setiap minggu, memeriahkan acara-acara besar seperti maulid Nabi, tujuh belasan, serta banyak ibu- ibu yang ikut serta dalam kegiatan kesehatan seperti senam bersama, posyandu dan kegiatan lainnya. Semoga hubungan terus terjalin dengan baik kedepannya.

Penulis : Feby Agustina (1032019012) dan Rukmawati (1032019017) Mahasiswi Pendidikan matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Langsa

Penulis blog

Tidak ada komentar