ACEH ARTIKEL DAERAH

Meningkatkan Rasa Gotong Royong Terhadap Masyarakat di Lingkungan Desa

Walies MH
Desember 20, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH
ARTIKEL
DAERAH
Meningkatkan Rasa Gotong Royong Terhadap Masyarakat di Lingkungan Desa

Penulis : Nabila Mutiara Putri (Mahasiswa IAIN Langsa) DPL : Dr. Fakhrurrazi, S.Pd.I, MA


Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat Pekon adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah  kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Di Gampong Pondok Pabrik khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya belum rutin tiap minggu atau tiap bulan , seperti membangun rabat jalan, membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi dan kegiatan kegiatan lainnya.

Bertepatan hari Jumat tanggal 9 Desember 2022 dan Tanggal 15 Desember 2022, warga lingkungan sekitar melakukan kegiatan kerja bakti memperbaiki gorong-gorong.

Kegiatan Memperbaiki Gorong-gorong              

Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan.

 “Selain untuk menjaga kebersihan,  kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Gampong Desa Pondok Pabrik ini” jelasnya. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB.  Dengan penuh semangat warga Pondok Pabrik membersihkan lingkungan kampung, dan melestarikannya.

Dokumentasi setelah Gotong Royong dalam Rangka Muhibbah

Gotong royong adalah bekerja sama-sama atau saling tolong- menolong dalam mengerjakan sesuatu antara satu dengan yang lainnya. Gotong-royong sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, terutama mereka yang membentuk komunitas-komunitas, karena dalam komunitas seperti ini akan terlihat dengan jelas. Gotong-royong terjadi dalam beberapa aktivitas kehidupan, seperti gotong-royong dalam bentuk kerjabakti, dilakukan untuk kepentingan bersama;  Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bergerak dalam kegiatan sosial.kemasyarakatan dalam perbaikan gampong. Bekerja secara bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan tertentu atau sering terdengar ditelinga kita dengan kata “gotong royong” adalah sebuah kegiatan yang menjadi budaya di seluruh pelosok negeri ini di kegiatan masing-masing. Nilai-nilai yang terdapat dalam budaya gotong royong salah satunya adalah merekatkan tali persatuan antar-individu dalam sebuah kelompok masyarakat. Kegiatan ini seperti menghilangkan semua perbedaan yang ada di setiap invidu, melebur menjadi satu diatas semua kepentingan pribadi.

Salah satu jenis kegiatan gotong royong adalah bersih-bersih lingkungan di sekitar pemukiman di daerah tertentu. Masyarakat dengan segala peralatannya berkumpul dan secara bersama-sama melakukan resik-resik (bersih-bersih) di lingkungan masing masing. Nikmat dipandang, kualitas udara yang segar, lingkungan yang jauh dari segala macam penyakit, nyaman dihuni, adalah beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong dalam hal kebersihan lingkungan.

 

1. Maksud, dan Sasaran yang Ingin Dicapai

Kegiatan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk memperindah lingkungan masyarakat gampong dan membuat gampong terlihat lebih bersih sehingga dapat terhindar dari serangan penyakit. Kebersihan merupakan karakter yang baik, menjaga kebersihan adalah bagian dari pola hidup sehat. Kita juga perlu menjaga kebersihan lingkungan dengan cara gotong royong bersama warga. Lingkungan bersih dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Dengan adanya kegiatan gotong royong dapat membentuk kepedulian kita untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan masjid. “Dari adanya kegiatan KKN ini, kami belajar banyak tentang kondisi masyarakat sekitar daerah tempat tinggal kami. Oleh karena itu, kami berharap agar kami dapat memberikan bantuan yang bermakna di kehidupan masyarakat sekitar kami ini.

Kegiatan Gotongroyong tersebut dilaksanakan dua hari yaitu pada hari Jum’at Tanggal 9 Desember 2022 pukul 9.00 – 12.00 WIB dan pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2022 pada jam yang sama.

 

3.Hasil Yang Dicapai dan Tindak Lanjut

Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah: setelah dilakukannya  gotong royong  dimasjid diharapkan masyarakat menyadari pentingnya akan kebersihan Gampong demi kenyamanan dan kesehatan.  Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh anggota kelompok KKN dan dibantu oleh masyarakat Gampong Desa Pondok Pabrik.

Dan hasil tindak lanjut lainnya, Hasil yang dicapai adalah Gampong Pondok Pabrik, Mesjid lebih bersih dan masyarakat pun lebih nyaman untuk melaksanakan ibadah. Rasa gotong royang yang tinggi dan kebersamaan yang kompak oleh mayarakat Gampong Pondok Pabrik, Mesjid sehingga mempermudah kegiatan saling gotong royong beramai-ramai di Masjid. Sehingga kenyaman dan keindahan dari keinginan tercapai dengan baik dan sempurna.

Tindak Lanjutnya adalah Menghimbau kepada masyarakat agar sama-sama menjaga dan membersihkan Meunasah guna kepentingan dan kenyaman bersama. Meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan setiap hari dan membuang sampah pada tempatnya.

 

4. Faktor Pendukung dan Penghambat

Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan program ini adalah masyarakat gampong yang memiliki motivasi yang kuat dalam mendukung program ini terutama pemuda gampong, serta adanya dukungan dan bantuan dari kawan-kawan kelompok. Sedangkan hambatan dalam melaksanakan progam ini yaitu hanya keterbatasan waktu yang dimiliki masyarakat.

 

5. Tujuan KKN Rangka Gotong Royong

1. Membuat kenyamanan kembali terhadap masyarakat pada saat ingin melaksanakan.

2. Shalat berjamaah di Masjid,

Masjis terlihat lebih indah tampaknya jika di lihat sehingga dapat menimbulkan niat untuk beribadah di dalamnya.

3. Lingkungan yang bersih dan indah dapat menimbulkan keakraban dan keharmonisan dalam kehidupan bertetangga.

4. Kerapian meunasah dari sampah.

5. Untuk membenahi kembali fasilitas umum yang telah kurang terawat.

6. Memperindah kembali keadaan Meunasah dari sebelumnya.

7. Memberi kenyaman saat melaksanakan ibadah sholat berjamaah di Masjid.

6. Dokumentasi Kegiatan Rangka Gotong Royong 

Penulis blog

Tidak ada komentar