ACEH ARTIKEL BERITA DAERAH

Peduli Lingkungan Mahasiswa Kkn Lakukan Gotong Royong Di Kantor Geuchik Desa Paya Bujok Teungoh

Walies MH
Desember 20, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
Peduli Lingkungan Mahasiswa Kkn Lakukan Gotong Royong Di Kantor Geuchik Desa Paya Bujok Teungoh

Artikel ditulis oleh Ira Riyani Sitorus & Amaliya Ulpa


Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat. Sampah dibagi menjadi tiga jenis yaitu :

1.Sampah padat (anorganik) sampah anorganik adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan anorganik. Contoh bahan-bahan anorganik adalah bahan logam, plastic, kaca, karet dan kaleng.

2.Sampah basah (organik) sampah basah adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan organic.

3.Limbah beracun (B3) secara umum yang disebut limbah adalah bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala rumah tangga, industry, pertambangan, dan sebagainya. Bentuk limbah tersebut dapat berupa gas dan debu, cair atau padat.

 

Gotong royong adalah bekerja sama-sama atau saling tolong menolong dalam mengerjakan sesuatu antara satu dengan yang lainnya. Gotong royong sebagai solidaritas social yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, terutama mereka yang membentuk komunitas-komunitas, karena dalam komunitas seperti ini akan terlihat dengan jelas. Gotong royong terjadi dalam beberapa aktivitas kehidupan, seperti gotong royong dalam bentuk kerja bakti, dilakukan untuk kepentingan bersama, kegiatan ini merupakan kegiatan yang bergerak dalam kegiatan social kemasyarakatan dalam perbaikan gampong.

 Gorotng royong adalah sebuah kegiatan yang menjadi budaya di seluruh pelosok negeri ini di kegiatan masing-masing. Nilai-nilai yang terdapat dalam budaya gotong royong salah satunya adalah merekatkan tali persatuan antar-individu dalam sebuah kelompok masyarakat. Kegiatan ini seperti menghilangkan semua perbedaan yang ada di setiap invidu, melebur menjadi satu diatas semua kepentingan pribadi.

Gotong royong membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan. Selain untuk menjaga kebersihan,  kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat.

Kegiatan gotong royong kali ini membersihkan sampah yang berserakan, dan mencabut rumput liar yang ada disekitar kantor geuchik desa paya bujok tengoh. Hal ini dilakukan oleh mahasiswa KKNT kerja social IAIN LANGSA  kepada masyarakat  khususnya pegawai yang ada di kantor geuchik tersebut. Kegiatan gotong royong ini juga diharapkan dapat memotivasi masyarakat desa paya bujok teungoh untuk bergotong royong membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar  yang bersih dari sampah utamanya sampah plastik. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadikannya sebagai kegiatan rutin.

Kegiatan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk memperindah lingkungan masyarakat gampong terlihat lebih bersih sehingga terhindar dari serangan penyakit. Sehingga masyarakat dapat tinggal dilingkungan yang bersih dan nyaman. Kemudian diupayakan dapat membangun kesadaran masyarakat khususnya pegawai kantor geuchik untuk dapat membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini dilaksasnakan pada hari jum’at tanggal 16 Desember 2022  pukul 09.00 sampai dengan selesai.

Adapun hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah setelah dilakukannya gotong royong di kantor geuchik diharapkan kepada masyarakat menyadari pentingnya akan kebersihan gampong demi kenyamanan dan kesehatan. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh anggota anggota kelompok KKN.

Gotong royong merupakan salah satu wujud nyata gaya hidup ramah lingkungan. Gotong royong memilki banyak sekali manfaat baik bagi lingkungan. Lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat. Sumber penyakit seperti malaria, demam berdarah dan virus-virus lainnya dapat dihilangkandan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit, membuat lingkungan menjadi nyaman dan indah.

Kebersihan merupakan karakter yang baik, menjaga kebersihan adalah bagian dari pola hidup sehat. Kita juga perlu menjaga kebersihan lingkungan dengan cara gotong royong. Lingkungan bersih dapat mencegah kita dari berbagai penyakit


Penulis blog

Tidak ada komentar