ARTIKEL PENDIDIKAN

Pengenalan Pembelajaran Menggunakan Proyektor Di Sekolah Dasar

Bintang Kecil
Desember 21, 2022
0 Komentar
Beranda
ARTIKEL
PENDIDIKAN
Pengenalan Pembelajaran Menggunakan Proyektor Di Sekolah Dasar



    Di era moderisasi dengan kemajuan IPTEK, guru dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan memberikan inovasi dalam pemberian materi di kelas. Inovasi yang dimaksud adalah dengan memilih media pembelajaran yang tepat dan efisien. Guru diharapkan tidak lagi menggunakan metode belajar yang masih kuno seperti, metode ceramah atau pembelajaran yang monoton yang bisa menimbulkan kebosanan pada diri peserta didik, karena peserta didik di zaman sekarang ini lebih dekat dengan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi misalnya media sosial, internet dan gawai.

 

    Penggunaan media pembelajaran seperti LCD Proyektor ketika melaksanakan pembelajaran di kelas bisa menjadi alternatif solusi bagi guru dalam pemanfaatan IPTEK. Media ini menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien, tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai, peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan, situasi kelas menjadi kondusif karena perhatian peserta didik tertuju pada materi pelajaran yang ditampilkan pada layar proyektor, serta antusias belajar menjadi lebih tinggi dibandingkan metode ceramah. Materi yang menarik dengan desain sedemikian rupa yang ditampilkan melalui LCD Proyektor membuat suasana kelas ketika proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan karena peserta didik di era modernisasi ini lebih menyukai pembelajaran yang didalamnya mengandung media audio-visual.

 

    Contoh penggunaan media LCD Proyektor yaitu guru dapat menampilkan sebuah materi yang dikemas ke dalam Power Point ataupun menggunakan aplikasi Canva yang mudah diaplikasikan oleh penggunanya. Selain itu, guru bisa membuat sebuah video pembelajaran melalui video animasi dengan memasukkan video, gambar maupun suara yang diharapkan mampu menarik perhatian peserta didik serta mengakses video youtube yang berkaitan dengan materi yang akan diberikan.

 

    Di samping itu, keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah mungkin menghambat guru dalam penggunaan teknologi khususnya LCD Proyektor. Ini harusnya menjadi perhatian penting dari pemerintah demi kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya di desa atau pedalaman agar sistem pembelajaran di Indonesia semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

 

    Dalam proses belajar mengajar penggunaan media sangat berpengaruh besar dalam pencapaian hasil belajar yang diinginkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah digariskan. Untuk itu seorang guru tidak hanya dituntut menguasai bahan pelajaran tetapi juga terampil menggunakan media dalam proses belajar mengajar tersebut. Salah satu alasan penggunaan media pembelajaran adalah terkait dengan manfaat media pembelajaran bagi keberhasilan belajar mengajar di kelas. Media yang dipergunakan tentunya disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran itu sendiri, sebab tidak semua media cocok untuk setiap jenis materi pelajaran.

 

    Penggunaan LCD Proyektor saat ini merupakan hal yang sudah biasa, mengingat tuntutan pendidikan yang harus lebih canggih dari waktu ke waktu. Tidak hanya berkutat pada papan tulis dan kapur, serta penyajian materi yang monoton. Manusia harus lebih kreatif untuk memanfaatkan teknologi yang sudah ada, termasuk LCD Proyektor ini.

 

    Manfaat Menggunakan LCD Proyektor dalam sistem belajar yaitu:

1. Lebih Efektif dan Efisien  
Dengan menggunakan LCD Proyektor, waktu yang digunakan untuk mengajar tidak terbuang sia-sia hanya untuk menulis di papan tulis, dan membuat catatan. Selain itu kualitas visual akan lebih nyaman dengan materi yang dapat terlihat dengan jelas di banding dengan menulis di papan tulis. Hal inilah yang dapat membuat waktu belajar menjadi efektif, dan suasana belajar mejadi efisien.

2. Ramah Lingkungan
Karena LCD Proyektor hanya menggunakan tenaga listrik, maka dapat dikatakan sangat ramah lingkungan dari pada menulis di whiteboard dengan spidol, atau menulis di papan tulis dengan kapur. Selain tidak mencemari lingkungan yang akibatnya dapat mengganggu kesehatan.

3. Membiasakan peserta didik dengan teknologi      
Secara tidak langsung, penggunaan LCD Proyektor dapat mendidik siswa agar lebih mengeluarkan ide-ide kreatifnya dalam penggunaan teknologi. Yang dapat brguna bagi perkembangan dirinya di era modernisasi yang semakin berkembang.

4. Mengikuti Standar Pendidikan

Hampir disetiap sekolah di perkotaan menggunakan media pembelajarn berupa LCD Proyektor. Lambat laun sistem pembelajaran yang seperti ini akan semakin berkembang hingga ke sekolah yang letaknya di desa atau pedalaman. Jadi dengan mengikuti standar pendidikan seperti ini, Maka pendidikn di Indonesia akan terus berkembang.

 

    Itulah gambaran singkat kelebihan jika kita menggunakan LCD dalam pembelajaran, akan tetapi pada realitanya penggunaan LCD Proyektor juga memiliki banyak kekurangan atau lebih tepatnya dampak penyalahgunaan. Banyak guru malah tergantung dengan media ini bahkan dijadikan sebagai kambing hitam sehingga mereka malas atau bahkan tidak mau menuliskan materi di papan tulis khususnya kasus teori hitungan.  Selain materi pelajaran yang berbasis hitungan pun, terdapat masalah juga pada materi yang tidak menggunakan hitungan, karena materi yang diberikan oleh guru malah banyak yang berasal dari meng-copy-paste dari suatu sumber dan tidak mau mengolahnya kembali, sehingga membuat materi yang ditampilkan terlalu sulit untuk dipelajari siswa.

    Harapan ke depan semoga guru maupun siswa dapat memanfaatkan sebaik-baiknya teknologi yang sudah banyak tersedia saat ini dalam proses pembelajaran terlebih penggunaan LCD ini yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar.

Penulis : Sindi Fauziah (4012019084) Mahasiswi Perbankan Syariah, IAIN Langsa

Penulis blog

Tidak ada komentar