ACEH ARTIKEL BERITA DAERAH

Peran TPA Nurul A'la Dalam Mendidik Millenial Agar Fasih Membaca Al Qur'an Dan Faqih Dalam Ilmu Agama

Walies MH
Desember 21, 2022
0 Komentar
Beranda
ACEH
ARTIKEL
BERITA
DAERAH
Peran TPA Nurul A'la Dalam Mendidik Millenial Agar Fasih Membaca Al Qur'an Dan Faqih Dalam Ilmu Agama


Und
ang - Undang Sistem Pendidikan Islam nomor 20 tahun 2003 disebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakep, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pendidikan Pertama pada anak itu terjadi pada lingkungan keluarga, khususnya kedua orang tuanya. Anak merupakan amanah Allah SWT.Orang tua sepatutnya menerima amanah tersebut dengan penuh tanggung jawab.  Setiap orang tua wajib mendidik dan memelihara anak - anaknya dengan sebaik-baiknya .Orang tua mempunyai peranan yang sangat besar untuk mendidik, membentuk dan menata pribadi anak anak mereka dengan pendidikan Islam melalui penanaman nilai nilai ajaran Islam dan akhlak.

 

Selain pendidikan yang diberikan orang tua dalam lingkungan keluarga, anak juga membutuhkan pendidikan dari luar, contohnya TPA. TPA adalah satu  Lembaga Pendidikan Islam  non  formal    di  lingkungan  masyarakat  yang  dapat  membantu  para  orang  tua  untuk mendidik anak-anaknya mendalami pendidikan Islam.

 

Salah satu Program Kerja KKNT (Kerja Sosial) IAIN LANGSA adalah melaksanakan kegiatan mengajar pada salah satu TPA yang terletak di Dusun Gampong Matang Seulimeng.Setelah Mahasiswi KKN menelusuri dan mengunjungi desa tersebut, akhirnya Mahasiswi KKN ini menemukan sebuah TPA yang terletak di daerah tersebut,TPA tersebut dikenal dengan sebutan TPA NURUL A'LA

 

TPA NURUL A'LA ini terletak di Lr.TPI Gampong Matang Seulimeng.TPA ini dibina langsung dengan seorang Ustadzah yang bernama Nurul A'la yang dikenal dengan panggilan Cek Bit. Kegiatan mengajar didalamnya meliputi pengajaran IQRA, AL- Qur’an, dan Ilmu - Ilmu Keislaman lainnya .Pengajaran di TPA ini berlangsung setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at pukul 19:00- 20:30.Dalam satu Minggu ada empat kali pertemuan. Jumlah siswa yang dibina di dalamnya berkisar 50 orang.TPA yang awal mula didirikannya hanya terdapat 10 santri tetapi sekarang seiring berjalannya waktu berubah menjadi 50 santri.

 

Kegiatan pembelajaran yang berlangsung di TPA ini berlangsung khidmat.Para santri sangat antusias dan semangat dalam mengaji dan mempelajari ilmu pendidikan Islam lainnya. Murid yang belajar dan menempuh ilmu di dalam lembaga ini umurnya berkisar antara 5 tahun sampai dengan 15 tahun. Anak - anak yang berumur 5 tahun keatas rata rata sedang mempelajari IQRA, ada yang sedang berada di IQRA SATU, DUA, TIGA, EMPAT, LIMA, ENAM. Tingkatan IQRA sesuai dengan kemampuan murid itu sendiri. Bukan hanya IQRA, Al- Quran serta ilmu keagamaan lainnya. TPA Ini juga mengajarkan tahfidz. Setiap siswa setiap harinya diberikan tanggung jawab untuk menghafalkan Al- Qur'an dua sampai tiga ayat.Setiap anak yang sudah bisa menghafal diperkenankan untuk menyetorkan hafalannya kepada Ustadzah setempat.

 

Jumlah hafalan setiap santri pun beragam macam   ada yang satu juz, dua juz sampai dengan lima juz. Setiap selesai juz para santri diwajibkan untuk ujian kenaikan juz, untuk diuji kualitas hafalannya.Apabila tidak lulus dalam ujian ini maka santri tidak diperbolehkan untuk naik pada juz berikutnya dan kebalikannya jika santri mampu menjawab saaat ujian kenaikan juz ini  berlangsung  maka  ia  diperbolehkan  untuk  naik  dan  melanjutkan  hafalannya  ke  juz berikutnya.

Bukan hanya program tahfidz yang diberlakukan ujian, setelah pembelajaran laiinnya telah selesai  diberlakukannya juga pada mereka Ujian guna untuk mengevaluasi pembelajaran mereka. Setelah diadakan nya evalusi hampir seluruh santri dari jumlah murid disana mampu menjawab soal soal dengan benar dan tepat. Kegiatan pembelajaran yang berlangsung di TPA ini berlangsung secara terukstur. Dan setelah pembelajaran selesai diberlakukannya pada mereka Ujian guna untuk mengevaluasi pembelajaran mereka

Setelah diadakan nya evalusi tahfidz maupun evaluasi kajian keagamaan lainnya hampir seluruh santri   disana mampu menjawab soal soal dengan benar dan tepat.Dari sinilah dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diajarkan dan kemudian disalurkan pada murid berjalan dengan sangat efektif.Bukan hanya tentang pembelajaran,TPA ini juga mengadakan maulid bersama . Maulid yang diadakan di TPA ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kecintaan para santri semua terhadap  Rasulullah dan mengigatkan para santri agar bisa meneladani   sikap baiknya Rasulullah.

 

Diharapkan dengan adanya  KKN (kerja sosial) yang dilaksanakan oleh saya dan teman saya Cut Nima dapat membantu para Ustadzah di TPA ini dalam menyalurkan ilmu dan juga dapat membantu para orang tua melalui perantara guru dalam membimbing santri –santri millennial agar fasih dalam membaca Al-Qur’an dan faqih dalam  beragama. Kesimpulan yang dapat diambil setelah dilakukannya observasi disana bahwa TPA ini sangat berperan penting dalam mencetak kader santri santri millennial dikarenakan pengajaran didalamnya diajarkan oleh  Ustadzah  Ustadzah  dari  lulusan  ternama,  bukan  hanya  itu  pembelajaran  disini  juga difasilitasi dengan buku karya syeik ternama serta ditambah dengan semangatnya para santri millennial dalam mengemban dan menuntut ilmu agama.


Penulis blog

Tidak ada komentar