BERITA

Minim Mobiler, Murid SDN 1 Darul Aman Terpaksa Belajar Dilantai

Walies MH
Juli 18, 2024
0 Komentar
Beranda
BERITA
Minim Mobiler, Murid SDN 1 Darul Aman Terpaksa Belajar Dilantai

Aceh Timur – Minimnya fasilitas mobiler di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Darul Aman, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, terpaksa para murid untuk mengikuti proses belajar mengajar di lantai. Kondisi ini terlihat pada Rabu (17/7) pagi, di mana sejumlah murid terlihat duduk di lantai dalam satu ruang kelas.

Dilansir dari freelinenews.com, perabotan kelas yang rusak masih terlihat di sudut ruang kelas. Selain itu, sekolah yang memiliki lebih dari 300 murid ini juga kekurangan ruang belajar yang memadai. Terlihat satu ruang kelas darurat berdinding kayu dan beratap seng, yang disekat menjadi dua ruang proses belajar mengajar (PBM), tanpa adanya kipas angin.

Kepala SDN 1 Darul Aman, Nuraini, S.Pd, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, mengakui bahwa dua ruang kelas darurat tersebut telah digunakan sejak 2023. “Karena ada penambahan murid pada tahun ini, sedangkan mobiler dan ruang kelas kurang, maka terpaksa belajar di lantai,” jawabnya singkat.

Kondisi akses jalan menuju SDN 1 Darul Aman juga masih menjadi masalah. Saat ini, jalan masuk masih melewati tanah kosong milik warga, sementara lahan untuk pembangunan jalan sudah tersedia dengan lebar dua meter, namun belum ada tanda-tanda pembangunan.

Nuraini, S.Pd, menjelaskan bahwa pihak sekolah telah melakukan pembebasan lahan untuk jalan masuk, namun pembangunan jalan tersebut belum terealisasi. “Saat ini masih menggunakan jalan melewati tanah kosong milik warga,” kata Nuraini.

Salah seorang guru di SDN 1 Darul Aman juga menyebutkan bahwa jumlah murid di sekolah tersebut mencapai lebih dari 300 murid, dengan penambahan 60 murid baru tahun ini. “Sekolah kami kekurangan ruang belajar dan mobiler,” ucapnya dengan penuh harap.

Sementara itu, Plt Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (PSD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur, Thamrin, S.Pd, mengakui bahwa banyak sekolah di Aceh Timur yang kekurangan fasilitas mobiler. “Ya, rata-rata sekolah kurang mobiler,” jawab Thamrin singkat.

Kondisi ini menunjukkan perlunya perhatian dan tindakan cepat dari pihak terkait untuk memperbaiki fasilitas pendidikan di SDN 1 Darul Aman, guna mendukung proses belajar mengajar yang lebih layak dan nyaman bagi para murid.

Penulis blog

Tidak ada komentar