BERITA

Masyarakat Aceh Timur Dapat Subsidi Pangan, Pj Bupati Resmikan Gerakan Pangan Murah

Titop
Agustus 22, 2024
0 Komentar
Beranda
BERITA
Masyarakat Aceh Timur Dapat Subsidi Pangan, Pj Bupati Resmikan Gerakan Pangan Murah

Aceh Timur - Penjabat Bupati Aceh Timur Amrullah M Ridha melakukan Peluncuran Gerakan Pangan Murah Kabupaten Aceh Timur Tahun 2024, di lapangan pusat pemerintah setempat, Rabu (21/8).     

Pada kesempatan tersebut Amrullah mengatakan, salah satu upaya  pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan negara adalah dengan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, hal ini diwujudkan pemerintah dengan menerbitkan dua undang-undang yang mengatur dan menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan.

“Yaitu undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dan undang-undang nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan,” ujar Penjabat Bupati Aceh Timur dalam sambutannya.

Tambahnya, dengan undang-undang tersebut pemerintah pusat dan daerah bertugas untuk mengendalikan dan bertanggung jawab atas ketersediaan bahan pangan pokok dan strategis di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Amrullah menuturkan, dalam rangka mengoptimalkan stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi tahun 2024 perlu dilakukan langkah-langkah aksi di lapangan dengan kegiatan stabilisasi pasokan dan harga pangan melalui gerakan pangan murah khususnya untuk bahan pangan pokok strategis.

“Bahan pangan pokok strategis tersebut harus tersedia dalam jumlah yang memadai, mutu yang baik, serta pada harga yang wajar untuk menjaga keterjangkauan daya beli di tingkat konsumen sekaligus melindungi pendapatan produsen. peningkatan harga komoditas pangan memang dapat berasal dari produsen,” demikian Pj Bupati Aceh Timru Amrullah M Ridha. 

Pada kesempatan tersebut, Analis Ketahanan Pangan Sub Koordinator Harga Pangan Dinas Pangan Aceh, Nancy Eka Riany mengatakan, pihaknya membantu masyarakat Aceh Timur dengan menyediakan pangan bahan pokok strategis dengan harga subsidi.

“Kualiatasnya premium, berasnya premium, ada minyak goreng, gula dan telur, dengan harga per paket Rp153.000. Kita mengharapkan gerakan pangan murah ini dapat membantu masyarakat, saya juga berharap kita saling mendukung untuk kegiatan ini, ” kata Nancy.

Penulis blog

Tidak ada komentar