ACEH TAMIANG BERITA

Kenduri Tolak Bala di Desa paya tampah

Walies MH
September 04, 2024
0 Komentar
Beranda
ACEH TAMIANG
BERITA
Kenduri Tolak Bala di Desa paya tampah


Warga Desa Paya Tampah melaksanakan kenduri tolak bala di mesjid Dusun Gelugur, Desa Paya Tampah, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (4/9/24).

Kenduri tolak bala diselenggarakan oleh dusun gelugur. Tradisi ini sudah dilakukan setiap tahunnya, tetapi hanya dibeberapa Dusun di Desa Desa Paya Tampah melaksanakan kenduri tolak bala .

Kenduri tolak bala dihadiri oleh Sekdes, LKMK, MDSK, Kadus, Pak imam, ustad, warga dari dusun mesjid, dusun alur papan, dusun bandung jaya, dan dusun gelugur.

Pelaksanaan Kenduri tolak bala diawali dengan sholat bersama yang dipimpin oleh Ustad. Dengan tujuan diberikan keselamatan dan meminta pertolongan kepada Allah.

Acara selanjutnya, dibuka dengan kata sambutan dari pak iman. Selanjutnya pembacaan ayat suci yang dibacakan oleh warga setempat. Tausiyah dan berdoa dari Ustad .

Penutupan acara dilanjutkan dengan makan bersama, dimana nasi bungkus yang telah terkumpul dari setiap rumah-rumah di dusun gelugur. Makan bersama sebagai simbol kebersamaan antar dusun, dengan tujuan mengerat tali sihraturahmi antar dusun.

" Kenduri tolak bala ini menjadi tradisi yang tidak boleh hilang bagi generasi selanjutnya, karena kenduri tolak bala ini gambaran adat budaya." ujar nisa

Warga setempat, fatimah mengatakan "kenduri tolak bala merupakan tradisi dan kebiasaan masyarakat untuk terhindar dari mara bahaya di dalam kehidupan. Dan harapan kedepan banyak anak-anak muda antusias dalam melaksanakan kenduri tolak bala."

Penulis blog

Tidak ada komentar